Waspada! Ini 7 Makanan Pemicu Kadar Gula Darah Tinggi

ADVERTISEMENT

Waspada! Ini 7 Makanan Pemicu Kadar Gula Darah Tinggi

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Sabtu, 03 Des 2022 05:00 WIB
Ilustrasi Cek Gula Darah
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kondisi kadar gula darah tinggi berisiko untuk kesehatan. Untuk mencegahnya, waspadai konsumsi makanan pemicu kadar gula darah tinggi, termasuk 7 makanan ini.

Konsentrasi glukosa dalam darah biasanya dijadikan panduan untuk mengukur gula darah. Nama lainnya adalah kadar gula darah, konsentrasi gula darah, atau kadar glukosa darah.

Orang-orang yang mengalami kondisi kadar gula darah tinggi mungkin mengalami penyakit diabetes tipe 1, 2, atau gestasional. Kondisi ini bakal semakin parah jika tidak menjaga pola makan.

Mereka yang sensitif akan lonjakan gula darah atau punya risiko diabetes perlu menjaga benar asupan nutrisinya. Jangan sampai mengonsumsi makanan yang memicu kenaikan kadar gula darah dalam waktu singkat.

Merangkum Boldsky (29/11), ini 7 makanan pemicu kadar gula darah tinggi yang perlu diwaspadai konsumsinya:

1. Nasi putih

Nasi putih jadi makanan pokok untuk banyak orang di dunia, namun mengonsumsinya sangat patut diwaspadai karena makanan ini tergolong karbohidrat olahan. Artinya, di dalamnya minim kandungan serat sehingga bisa dicerna oleh tubuh dengan cepat. Kondisi ini pada akhirnya juga menaikkan kadar gula darah dalam waktu singkat.

Mengutip Halodoc, nasi putih juga termasuk makanan dengan indeks glikemik tinggi yang membuatnya berisiko besar sebabkan diabetes. Dalam secangkir nasi putih juga terkandung 44,5 gram karbohidrat yang memicu penumpukan lemak.

Jika ingin makan nasi putih, penderita diabetes bisa mengakalinya dengan konsumsi dalam keadaan dingin. Hal ini memungkinkan karbohidrat akan berubah menjadi pati resisten yang tidak dapat dicerna oleh tubuh.

2. Minuman berpemanis

Tak Mau Tersaingi, Ibu Ini Racuni Teman Sekelas Anaknya Lewat Minuman SodaFoto: Site News

Di balik rasanya yang nikmat dan menyegarkan, minuman berpemanis sangat mungkin memicu kadar gula darah tinggi. Kandungan gula di dalamnya sangat banyak dan tidak dilengkapi nutrisi lain seperti protein, lemak, maupun serat.

Selain itu, konsumsi minuman berpemanis tidak mengenyangkan. Hal ini membuat banyak orang cenderung makan makanan yang juga mengandung gula tinggi supaya kenyang. Alhasil, pasokan gula dalam tubuh menjadi sangat banyak.

3. Yogurt rasa buah

Konsumsi yogurt disarankan pakar karena berdampak baik untuk sistem pencernaan, namun tak semua jenis yogurt sehat. Yogurt rasa buah atau yogurt kemasan yang beredar di pasaran perlu diwaspadai kandungan gulanya.

Yogurt rasa buah biasanya dibuat dengan susu rendah lemak atau bahkan tanpa lemak. Di dalamnya lalu terkandung banyak karbohidrat dan gula yang bisa memicu lonjakan gula darah.

4. Sereal sarapan dengan pemanis

Sarapan Pizza Lebih Sehat Daripada Sereal ManisFoto: Getty Images/iStockphoto

Makanan pemicu gula darah tinggi selanjutnya, sereal yang mengandung pemanis. Sereal ini memang nikmat dicampur bersama susu segar, namun para penderita diabetes sebaiknya menghindari menu ini.

Kebanyakan produk sereal di pasaran adalah produk ultra proses yang umumnya minim gizi. Sereal ini mengandung lebih banyak karbohidrat dari perkiraan, yang mana secara langsung bakal diubah tubuh menjadi gula.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT