5 Tips Kurangi Rasa Pedas Makanan yang Sudah Terlanjur Dibuat

ADVERTISEMENT

5 Tips Kurangi Rasa Pedas Makanan yang Sudah Terlanjur Dibuat

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 14 Des 2022 13:00 WIB
Doyan Pedas? Ini 6 Tipe Kepribadian Pencinta Makanan Pedas
Foto: Getty Images
Jakarta -

Tidak semua orang menyukai dan bisa mengonsumsi makanan pedas. Jangan khawatir, jika menemukan masakan atau membuat makanan terlalu pedas karena kamu bisa mengatasinya dengan 5 cara ini.

Makanan pedas mungkin hanya disukai oleh sebagian orang saja karena ketika konsumsi makanan ini akan terasa sensasi panas hingga mulut seakan terbakar.

Penyuka makanan pedas mungkin sudah merasa kebal akan hal itu, tetapi tidak bagi mereka yang memang belum terbiasa atau tidak suka makanan pedas.

Ketika membeli makan di luar atau memasak makanan sendiri, mungkin beberapa orang menemukan makanannya dirasa terlalu pedas. Karena tidak bisa mengatasi hal ini, akhirnya makanan dibiarkan begitu dan malah terbuang sia-sia.

Daripada harus membuang makanan tersebut, lebih baik memperbaikinya dengan beberapa cara, termasuk menambahkan rasa manis, asam, ataupun produk susu.

Jika kamu menemukan makanan yang terlalu pedas, bisa diperbaiki rasanya dengan 5 cara ini yang dirangkum dari foodguy.com.

1. Tambahkan Produk Olahan Susu

Cara Masak Nasi Goreng ala Jepang, Kunci Rahasia Pakai MayonesProduk olahan susu bisa ditambahkan ke makanan yang terlalu pead karena bisa menetralkan capcaisin yang ada pada makanan pedas. Foto: YouTube Mario's Kitchen, iStock

Produk olahan susu seperti susu atau krim bisa menjadi solusi untuk makanan yang terlalu pedas. Bukan karena rasanya, tetapi bahan yang biasa ditemukan pada makanan pedas seperti capsaicin, suka mengikatkan diri dengan senyawa dalam susu untuk menetralkannya.

Jika menemukan makanan yang terlalu pedas, bisa mengatasinya dengan menambah sesendok produk seperti susu, krim, atau yogurt ke dalam masakan. Tetapi jika bahan dairy seperti itu belum bisa mengatasi makanan pedas, cara terbaik yaitu dengan menggunakan susu penuh lemak ke dalam makanan itu.

2. Menambahkan Bahan Manis

Selain produk dairy, makanan pedas juga bisa diperbaiki dengan menambahkan bahan-bahan yang manis. Pemanis bisa menambahkan unsur rasa berbeda yang bisa menjinakkan rasa pedas.

Pemanis yang ingin ditambahkan bisa dipilih sesuai selera, mulai dari gula, kecap manis, bahkan madu.

Jika makanan pedas tersebut berbahan dasar tomat tetapi ada sentuhan cabainya, kamu bisa menambahkan sedikit gula untuk mengurangi tingkat kepedasan itu. Namun pastikan untuk menambah gula atau pemanis secara perlahan, jangan sampai hidangan tersebut malah berubah menjadi dessert manis.



Simak Video "Pedas Nampol Hidangan Sode Udang Khas Kutai"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT