Kopi Cocktail Lagi Tren, Apakah Baik untuk Kesehatan?

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Kopi Cocktail Lagi Tren, Apakah Baik untuk Kesehatan?

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 08 Des 2022 07:30 WIB
Kafe di Karawang racik kopi jadi koktail versi halal.
Foto: Irvan Maulana
Jakarta -

Kreasi kopi yang akhir-akhir ini digemari yaitu kopi cocktails dimana kopi dicampur alkohol. Meskipun rasanya enak, namun apakah kopi ini baik untuk kesehatan?

Selain kopi susu, banyak orang juga suka racikan kopi yang belum lama ini hadir, yaitu kopi cocktail. Kopi cocktail sebenarnya adalah kopi yang dicampur dengan berbagai varian alkohol, mulai dari rum, red bull, vodka, martini, dan berbagai varian lainnya.

Untuk jenis kopi yang dipilih, biasanya barista menggunakan kopi espresso atau cold brew. Selain kopi dan alkohol, biasanya juga ditambah dengan sedikit sirup sederhana untuk meningkatkan rasa kopi.

Bagi mereka yang suka kopi dan alkohol akan senang mencoba racikan kopi ini. Terlepas dari sensasi baru yang hadir ketika minum kopi cocktails, apakah campuran kopi alkohol ini baik untuk kesehatan?

Merangkum realsample.com (15/10), berikut penjelasan yang diungkapkan oleh Seema Bonney, MD, dokter fungsional dan pendiri Anti-Aging and Longevity Center of Philadelphia.

1. Kafein bisa mengurangi efek mabuk seseorang

Segini Perbandingan Jumlah Kafein pada Kopi dengan 3 Minuman LainMinuman kopi yang mengandung kafein jika dicampur dengan alkohol sebenarnya bisa mengurangi efek mabuk alkohol itu. Foto: Getty Images/iStockphoto/ArturNyk

Dr. Bonney mengungkap bahwa kafein memang punya manfaat untuk menghilangkan rasa kantuk dan menekan adenosin. Di sisi lain, alkohol justru menyebabkan adenosin menumpuk dan membuat seseorang merasa ngantuk.

Ketika keduanya dicampur secara bersama, kafein pada kopi dapat menutupi efek depresan pada alkohol. Dr. Bonney pun mengungkap, "Ini membuat peminum lebih merasa waspada dan memberikan perasaan mereka bisa menangani lebih banyak alkohol," ucapnya.

Tetapi kafein belum tentu menjamin seseorang bisa tersadar dari efek mabok. Kafein tidak berpengaruh terhadap metabolisme alkohol dan hati, dengan demikian, itu tidak mengurangi konsentrasi alkohol dalam darah atau mengurangi efek kopi.

2. Kopi dan alkohol bisa menyebabkan dehidrasi ganda

Ini 7 Waktu Minum Air Putih dan Takaran Tepat Menurut Ahli GiziKopi alkohol bisa menyebabkan seseorang dehidrasi. Karenanya pastikan untuk tetap konsumsi air putih. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes

Alkohol bersifat diuretik artinya jika dikonsumsi secara sering bisa menghilangkan air dari tubuh. Karenanya ketika kopi dan alkohol dicampur, kemungkinan besar menurut Dr. Bonney itu akan membuat seseorang dehidrasi.

Air putih merupakan minuman yang penting dikonsumsi untuk menjaga hidrasi tubuh. Jika memang ingin minum kopi cocktails, sebaiknya tetap dibarengi minum air putih yang cukup.



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Kopi Toraja Secara Tradisional"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT