7 Negara Ini Punya Kopi yang Harganya Paling Murah di Dunia

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

7 Negara Ini Punya Kopi yang Harganya Paling Murah di Dunia

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 05 Des 2022 06:00 WIB
7 Negara Ini Punya Kopi yang Harganya Paling Murah di Dunia
Foto: Yahoo
Jakarta -

Selain kopi termahal, ada juga kopi yang dijual dengan harga murah. Di negara-negara ini warga lokalnya bisa membeli secangkir kopi hanya seharga Rp 7.000 saja.

Beberapa hidangan di dunia ada yang sengaja disajikan dengan fantastis agar dan dijual dengan harga yang melambung tinggi. Termasuk pada penyajian secangkir kopi yang biasanya disajikan dengan biji kopi istimewa yang harganya selangit.

Selain makanan dan minuman termahal ternyata ada juga beberapa minuman yang justru dijual dengan harga semurah mungkin. Sumber daya yang melimpah serta harga bahan pokok yang murah menjadi alasan kopi-kopi di beberapa negara ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Permintaan yang tinggi diimbangi dengan ketersediaan bahan pokok yang melimpah membuat segelas kopi di beberapa negara ini menjadi komoditas yang murah meriah dan bisa didapatkan oleh berbagai kalangan di dunia. Bahkan ada yang hanya menjual secangkir kopi asli seharga Rp 7.000 saja!

Baca juga: Segini Takaran Minum Air Mineral yang Sehat Menurut Ahli Urologi

Berikut ini 7 negara dengan harga kopi termurah di dunia menurut Yahoo:

7 Negara Ini Punya Kopi yang Harganya Paling Murah di DuniaDi Irak, segelas kopi bisa dibeli dengan harga Rp 7.000,- Foto: Yahoo

1. Irak

Di Irak tepatnya di kota Tehran, para penduduknya setiap hari menyeruput segarnya seduhan biji kopi asli dengan harga yang murah meriah. Kopi yang dalam bahasa Irak disebut ghave tercatat pada Global Coffee Report dijual dengan harga paling murah dibandingkan dengan di negara-negara lain.

Secangkir kopi yang diseduh dengan biji kopi asli di Irak hanya dijual sebagai Rp 7.000 saja. Menurut laporan Daily Sabah, hal ini juga dipengaruhi oleh kegemaran masyarakat Irak minum kopi dengan biji kopi asli yang berkualitas tinggi.

2. Nigeria

Walaupun dipercaya bahwa budaya minum kopi berasal dari Ethiopia tetapi tak bisa dibohongi jika angka konsumsi tertinggi minum kopi berasal dari benua Afrika. Salah satunya adalah negara Nigeria yang tercatat mengonsumsi 20% produksi kopi dunia.

Di Nigeria kopi biasa dikenal dengan sebutan kofi. Hampir setiap hari warganya akan berbondong-bondong mendatangi kafe-kafe untuk minum kopi. Harga secangkir kopi di Nigeria bisa didapatkan dengan harga Rp 9.200 saja.

3. Mesir

Menurut sejarah Mesir, kopi sudah dinikmati sejak masa nenek moyang dan budayanya diteruskan secara turun temurun. Kopi yang biasa disebut sebagai qahwa juga digunakan dalam berbagai upacara keagamaan.

Secangkir kopi di Mesir biasanya akan dijual hanya seharga Rp 20.000 untuk sekelas kafe-kafe besar. Kopi khas Mesir sendiri punya keunikan dengan penyajiannya akan selalu dilengkapi foam atau busa di bagian atasnya.

Negara dengan kopi termurah di dunia lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Kopi Toraja Secara Tradisional"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT