Espresso Mengandung Kafein Tinggi, Ini Batas Konsumsinya

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Espresso Mengandung Kafein Tinggi, Ini Batas Konsumsinya

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 06 Des 2022 07:30 WIB
Glass of Espresso on dark background.
Foto: iStock
Jakarta -

Espresso, minuman favorit banyak pria. Minuman ini juga mengandung zat kafein yang tinggi. Apakah ada batasan asupan untuk mengonsumsi espresso setiap hari?

Espresso adalah jenis minuman kopi yang umum dikonsumsi. Jenis minuman ini menjadi favorit banyak pria karena rasanya yang kuat dan mengandung kafein tinggi.

Kandungan kafein yang tinggi ini digunakan para pria untuk menambah energi. Biasanya dikonsumsi setiap pagi hari agar semakin bersemangat menjalankan aktivitas.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), kandungan kafein pada 100 gram espresso sebanyak 212 miligram. Jumlah ini lebih tinggi daripada jenis kopi lainnya, termasuk kopi hitam biasa yang hanya mengandung 96 miligram kafein.

Baca Juga: Sama-sama Kopi Hitam, Apa Bedanya Americano, Long Black, dan Kopi Tubruk?

Espresso dan Kopi Tubruk, Mana yang Lebih Tinggi Kafein dan Kalori?Espresso dan Kopi Tubruk, Mana yang Lebih Tinggi Kafein dan Kalori? Foto: istock

Dilansir dari Lux Haus (31/3/2022), karena kandungan kafein pada espresso lebih tinggi, maka ada batasan maksimal mengonsumsinya setiap hari. Jangan berlebihan karena dapat menimbulkan efek negatif.

Sebagian orang bisa mengonsumsi espresso sepanjang hari tanpa masalah. Sementara, sebagian lagi hanya bisa minum 1-2 tegukan saja. Hal ini tergantung pada bagaimana tubuh memberikan reaksi terhadap kafein.

Namun, ada baiknya untuk tetap membatasi asupannya. Minum espresso dianjurkan tidak lebih dari 2-3 cangkir sehari. Kalau sebanyak itu tidak memberikan efek negatif pada tubuh, berarti kamu memiliki ketahanan tinggi terhadap kafein.

Baca Juga: Slurrpp! Ini 5 Manfaat Minum Kopi Hitam Bagi Kesehatan

Jika intoleransi terhadap kafein, sebaiknya hanya mengonsumsi 1-2 cangkir saja. Perlu diingat, tingginya jumlah kafein dapat menyebabkan kecemasan, insomnia, dan masalah kesehatan lain.

3 Trik Bikin Kopi Espresso Tanpa Mesin, Hasilnya Tetap Nikmat3 Trik Bikin Kopi Espresso Tanpa Mesin, Hasilnya Tetap Nikmat Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk

Bagi mereka yang aman mengonsumsi kafein dalam jumlah tinggi, maka dapat merasakan manfaat espresso yang dikaitkan dengan penurunan risiko sroke. Sebuah penelitian dilakukan pada 360 ribu orang dan menemukan bahwa mereka yang minum lebih banyak kopi memiliki risiko stroke 32% lebih rendah daripada yang tidak.

Manfaat sehat tersebut datang dari kandungan zat antioksidan yang dimiliki oleh espresso. Selain itu, espresso juga sumber flavonoid yang tinggi, memberikan manfaat untuk kesehatan jantung.

Baca Juga: Diet Santai, Pria Ini Berhasil Turunkan Berat Badan hingga 63 Kg!



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT