ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Slurrpp! Ini 5 Manfaat Minum Kopi Hitam Bagi Kesehatan

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 10 Sep 2022 07:00 WIB
Slurrpp! Ini 5 Manfaat Minum Kopi Hitam Bagi Kesehatan.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Bagi para pencinta kopi hitam, pastinya akan senang karena ternyata ada manfaat dari konsumsi minuman favoritnya. Mulai dari jaga kesehatan hati hingga jantung, ini daftarnya.

Kopi telah menjadi minuman sehari-hari untuk banyak orang. Tak sedikit orang menjadikan kopi hitam sebagai rutinitas minuman paginya.

Mungkin sebagian orang menyukai kopi hitam, tetapi ada juga mereka yang takut untuk mengonsumsinya karena khawatir efek yang timbul seperti gelisah hingga gemetar.

Namun sebenarnya, kopi hitam menjadi jenis kopi yang menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Kopi hitam mengandung antioksidan kuat, vitamin, dan mineral yang bagus untuk kesehatan jantung bahkan kulit.

Jika ingin minum kopi, lebih baik memilih jenis kopi hitam, dibandingkan kopi dengan campuran susu atau krim lainnya.

Karena kopi hitam memiliki beragam manfaat luar biasa, berikut 5 manfaat kopi hitam yang perlu diketahui merangkum dari khabarinshorts.com (30/08).

1. Mengurangi Risiko Diabetes

Slurrpp! Ini 5 Manfaat Minum Kopi Hitam Bagi Kesehatan.Untuk mencegah risiko berbahaya dari diabetes, kamu bisa memulainya dengan minum kopi hitam. Kopi ini dikenal penuh dengan antioksidan yang akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Foto: Getty Images

Diabetes menjadi salah satu penyakit mematikan yang diderita banyak orang di dunia. Tetapi banyak dari mereka yang justru dengan mudah terkena penyakit ini karena pola makan yang kurang sehat.

Untuk mencegah risiko berbahaya dari diabetes, kamu bisa memulainya dengan minum kopi hitam. Kopi ini dikenal penuh dengan antioksidan yang akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Namun kopi hitam juga bermanfaat untuk mengurangi risiko diabetes. Ini dibuktikan dari penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang setidaknya minum empat cangkir kopi hitam sehari memiliki 18% risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ternyata minum kopi hitam juga mampu membantu menurunkan berat badan. Kandungan dalam kopi mampu membantu meningkatkan metabolisme sekaligus membakar lebih banyak kalori.

Kafein di dalam kopi juga akan menekan nafsu makan sehingga keinginan untuk makan akan lebih sedikit. Jika memang ingin menurunkan berat badan, tambahkanlah kopi hitam sebagai menu minuman harian.

Tetapi ingat, kopi hitam tersebut tidak boleh ditambah dengan pemanis yang berbahaya seperti gula, sirup, ataupun krimer karena itu justru akan membawa tubuh kepada risiko penyakit berbahaya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT