ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Minum Kopi French Press Dapat Picu Kolesterol Naik? Ini Kata Ahli

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 09 Sep 2022 07:30 WIB
Kopi french press bisa sebabkan kolesterol naik
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kopi yang diseduh menggunakan French Press sangat populer karena racikan kopi yang pekat dan harum. Apa benar minum seduhan kopi ini dapat memicu kolesterol naik?

Kopi bisa diseduh dengan cara apapun. Salah satunya menggunakan French Press yaitu alat seduh manual. Bubuk kopi diletakkan pada bagian bawah wadah dan dituangkan air panas, kemudian diaduk dan diamkan selama 4 menit. Setelah itu ditekan secara perlahan.

Dilansir dari Huffpost (23/8), cara menyeduh kopi ini dilakukan tanpa menggunakan penyaring kertas yang membuat ampasnya ikut dikonsumsi. Emma Laing, direktur dietetika di University of Gerorgia mengungkapkan kalau kopi yang diseduh tanpa penyaring kertas menghasilkan rasa yang kuat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kopi tanpa filter ini dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (jahat). Zat tersebut seperti lilin yang dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah arteri.

Baca Juga: Minum Kopi Lebih Sehat dengan 6 Tips Gampang Ini

Kopi french press bisa sebabkan kolesterol naikKopi french press bisa sebabkan kolesterol naik Foto: Getty Images/iStockphoto

Sebenarnya, kopi itu sendiri bukanlah sumber kolesterol makanan. Namun, bahan berminyak yang dilepaskan dari biji kopi selama seduhan atau dikenal sebagai diterpen ini yang berkaitan dengan peningkatan kolesterol darah.

Diterpen itu bisa dikurangi kalau kopi disaring menggunakan filter kopi kertas. Karena kopi French Press tidak disaring, maka kandungan diterpen lebih banyak.

"Konsentrasi cafestol, sejenis diterpen, dalam kopi French Press sekitar 300 kali lebih besar daripada kopi yang disaring dengan kertas," kata Robert Fishberg, ahli jantung di Atlantic Health System yang berbasis di New Jersey.

Baca Juga: Pria Ini Kena Getok Harga Gurame Bakar di Spanduk Rp 10 Ribu Ditagih Rp 120 Ribu

Mengapa diterpen dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat? Fishberg mengungkapkan bahwa salah satu kemungkinannya adalah dapat meningkatkan kadar protein transfer ester kolesterol yang dikenal sebagai CTEP. Tingkat CTEP yang lebih rendah meningkatkan pembentukan kolesterol HDL (baik), sementara kalau tingkat yang lebih tinggi dapat meningkatkan produksi LDL.

Diterpen juga dapat mempengaruhi dua reseptor nuklir (jenis protein yang ditemukan dalam sel) yaitu FXR dan PXR. Dua reseptor tersebut berperan dalam menjaga kadar kolesterol seimbang.

Lalu, bagaimana cara menikmati kopi French Press tanpa takut kolesterol naik? Sebenarnya tergantung pada seberapa banyak kopi yang diminum setiap hari. Juga dapat berpengaruh pada bahan racikan yang dipakai.

"Menambahkan racikan berupa mentega atau minyak kelapa ke dalam kopi perlu diingat bahwa bahan-bahan ini mengandung lemak jenuh yang dapat memengaruhi kadar kolesterol LDL," ujar Laing.

Fishberg juga merekomendasikan untuk beralih ke kopi dark roast yang memiliki konsentrasi diterpen lebih rendah. Ia juga mengingatkan untuk membatasi jumlah kopi French Press yang dikonsumsi dalam sehari.

Baca Juga: Soda Rasa Pangsit Jepang Ini Bikin Orang Muntah Saat Meminumnya



Simak Video "Mencicipi Kopi di Festival Coffee Rajadesa Art and Culture"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT