Selain Air Putih, 6 Minuman Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

ADVERTISEMENT

Selain Air Putih, 6 Minuman Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 07 Des 2022 09:01 WIB
Minuman yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Penderita diabetes tidak dianjurkan mengonsumsi makanan manis. Ada beberapa pantangan yang harus ditaati, namun ada 6 minuman yang baik dikonsumsi oleh mereka.

Diabetes merupakan penyakit yang berkaitan dengan kadar gula darah seseorang. Para penderitanya tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan dan minuman manis yang mengandung gula berlebih.

Kalau ingin mengonsumsi makanan dan minuman yang manis, kandungan gulannya harus sesuai batasan atau yang alami. Untuk minuman, air putih adalah minuman yang paling baik dikonsumsi.

Dilansir dari US News (15/6), ada beberapa minuman lain yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Mulai dari teh herbal hingga susu rendah lemak.

Baca Juga: 5 Cara Makan Sehat Ini Ampuh Cegah Diabetes

Berikut 6 minuman yang baik dikonsumsi penderita diabetes selain air putih:

1. Teh Herbal

Minuman yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetesMinuman yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes Foto: Getty Images/iStockphoto

Teh merupakan minuman yang umum dikonsumsi sehari-hari. Minuman ini juga mengandung zat antioksidan tinggi yang dapat menjaga imunitas tubuh.

Selain teh yang berasal dari daun, ada juga teh herbal. Teh herbal ini dapat terbuat dari aneka rempah. Penderita diabetes bisa mengonsumsinya tanpa gula, salah satunya yang dapat dicoba adalah teh jahe.

2. Infused Water

Minuman yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetesMinuman yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes Foto: Getty Images/iStockphoto

Air putih bisa dikreasikan menjadi infused water. Air putih yang ditambahkan buah atau bahan lainnya dan didiamkan beberapa saat.

Selain menyegarkan, infused water juga aman dikonsumsi penderita diabetes. Racikannya bisa berupa 2 iris jeruk nipis, stroberi, dan daun mint. Bisa juga menambahkan daun basil, mentimun, dan jahe.

3. Kopi

Kopi diketahui sebagai minuman yang mengandung zat antioksidan tinggi. Kandungan kafeinnya juga bermanfaat dalam meningkatkan imunitas.

Racikan kopi hitam tanpa gula memiliki kalori rendah. Kathleen Wyne, ahli endokrinologi di State University Wexner Medical Center di Columbus mengatakan, "Kafein tidak apa-apa dalam jumlah sedang. Kuncinya adalah tidak minum terlalu banyak sehingga mengalami dehidrasi."

Wyne juga mengingatkan untuk tidak memasukkan banyak susu, krim, dan gula. Kopi hitam tanpa gula adalah racikan yang tepat.

Baca Juga: 6 Buah Segar yang Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes



Simak Video "61,27% Penduduk RI Konsumsi Minuman Manis Lebih dari 1 Kali per Hari"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT