10 Makanan yang Bisa Dikonsumsi Banyak Tapi Tak Bikin Gendut

ADVERTISEMENT

10 Makanan yang Bisa Dikonsumsi Banyak Tapi Tak Bikin Gendut

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 06 Des 2022 11:00 WIB
Manfaat Alpukat
Foto: iStock
Jakarta -

Saat diet, memilih makanan bernutrisi tepat sangat penting. Jika ingin makan banyak tapi tak mau khawatir berat badan bertambah, coba 10 makanan ini.

Mengutip ChaChingQueen (5/12), ahli gizi Kim Yawitz menjelaskan soal prinsip berat badan. Seseorang akan mengalami kenaikan bobot tubuh saat kalori yang masuk lebih banyak dari yang dikeluarkan.

Asupan kalori tersebut berasal dari makanan. Ada jenis makanan yang memang memiliki kemungkinan lebih besar menaikkan berat badan karena sifatnya tinggi kalori.

Sementara makanan alami yang bersifat tinggi protein, serat, dan air, punya keunggulan dalam hal mengelola berat badan. Mengonsumsinya dalam jumlah banyak akan bikin kenyang, tapi tidak menaikkan berat badan.

Berikut 10 makanan yang bisa dikonsumsi banyak tanpa bikin gendut:

1. Kembang kol

Kembang kol adalah sayuran rendah kalori yang sifatnya mengenyangkan. Satu bonggol kembang kol mengandung hanya 146 kkal. Mengonsumsinya bisa dengan berbagai cara, seperti dipanggang atau dijadikan pengganti nasi. Dalam 1/2 cangkir kembang kol yang sudah dipotong mengandung 27 kkal, 0,3 gram lemak, 5 gram karbohidrat, 2,1 gram serat, 2,1 gram protein.

2. Mentimun

Kim Yawitz kerap merekomendasikan kliennya yang sedang diet untuk menjadikan mentimun sebagai camilan. Sayuran renyah segar berukuran sedang ini hanya mengandung 30 kkal.

Bahkan jika kamu makan 3 mentimun, kalorinya masih lebih rendah dibanding ngemil sekantong keripik kentang. Bonus lainnya, mentimun mengandung 0 gram lemak.

3. Zucchini

saus zucchiniFoto: iStock

Mirip mentimun, zucchini tergolong sayuran yang banyak digemari pelaku diet. Zucchini bisa dimakan segar ataupun dalam bentuk olahan populernya, mie zucchini atau sering disebut zoodles. Satu zucchini besar mengandung 55 kkal, 1 gram lemak, 10 gram karbohidrat (3.2 gram serat), dan 4 gram protein.

4. Kentang panggang

Kabar baik untuk pencinta kentang! Makanan favoritnya tak akan bikin gemuk meski dimakan banyak, asalkan dipanggang atau direbus. Makan kentang juga dikaitkan dengan tingkat kepuasan atau kekenyangan yang tinggi. Jangan lupa makan kentang bersama kulitnya karena terdapat banyak serat.

5. Kacang-kacangan

Green anise in a wooden spoon closeupFoto: Furtseff

Sejak lama kacang-kacangan terkenal sebagai makanan sehat yang bagus dikonsumsi pelaku diet. Kacang seperti lentil, kacang polong, dan kacang hitam merupakan sumber serat dan protein yang sangat baik.

Penelitian membuktikan konsumsi lebih banyak kacang-kacangan adalah prediktor terbesar penurunan berat badan di kalangan orang dewasa dengan kelebihan berat badan yang menjalani pola makan nabati. Untuk mengonsumsinya, mulai perlahan. Jangan langsung makan banyak karena bisa memicu perut kembung, bergas, atau masalah pencernaan lain.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT