ADVERTISEMENT

6 Buah Segar yang Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 17 Mei 2022 07:00 WIB
Buah Buahan
Foto: iStock
Jakarta -

Menjadi sumber serat yang baik, konsumsi buah sangat dianjurkan termasuk bagi penderita diabetes. Ada beberapa buah yang baik dan cocok untuk penderita diabetes.

Buah yang baik bagi penderita diabetes adalah buah utuh tanpa ditambah bahan apapun. Namun buah ini tetap bisa dibuat menjadi jus, dikeringkan, atau dibekukan selama tidak mengandung pengawet atau zat aditif apapun.

Ada beberapa buah yang lebih baik bagi penderita diabetes, dibandingkan buah lainnya. Tentu saja buah buah ini memiliki indeks glikemik yang lebih rendah.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini buah-buahan terbaik untuk penderita diabetes.

1. Apel

Buah BuahanApel memang memiliki kandungan gula dan karbohidrat. Namun gula pada apel berbeda dengan gula tambahan pada makanan Foto: iStock

Apel memiliki beragam jenis. Ada yang banyak mengandung air, ada yang asam dan ada juga yang manis legit. Bagi penderita diabetes, semua jenis apel yang bisa dan boleh dikonsumsi.

Dilansir dari medicalnewstoday.com (29/03/2019), apel memang memiliki kandungan gula dan karbohidrat. Namun gula pada apel berbeda dengan gula tambahan pada makanan. Selain itu, apel lebih baik karena mengandung nutrisi dan serat yang tinggi sehingga cocok bagi penderita diabetes

2. Jeruk

Buah kaya akan vitamin C ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus membantu menyembuhkan luka. Daging buah jeruk dengan serat ekstra dapat men memberi rasa kenyang. Buah menyegarkan ini juga akan memberikan banyak cairan yang dibutuhkan tubuh.

Bagi penderita diabetes tak perlu bingung lagi mencari pemanis mulut karena rasa manis, asam, dan segar yang ada pada jeruk bisa menghilangkan dahaga, namun juga bisa menyediakan elektrolit bagi tubuh.

3. Buah Pir

Buah BuahanDilansir dari beberapa penelitian, ditemukan bahwa pigmen antosianin dari buah pir dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 Foto: iStock

Buah berkulit hijau Ini memiliki serat yang bagus untuk membantu mengontrol gula darah. Dilansir dari beberapa penelitian, ditemukan bahwa pigmen antosianin dari buah pir dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Jika dimakan dengan kulitnya, tubuh akan mendapatkan serat serta antioksidan. Terlebih lagi buah ini akan memberikan rasa kenyang secara cepat sehingga penderita diabetes dapat mengontrol porsi makan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT