ADVERTISEMENT

Jangan Dibuang, 7 Kulit Buah dan Sayuran Ini Bisa Dimakan dan Rasanya Enak

Devi Setya - detikFood
Kamis, 05 Mei 2022 08:00 WIB
Kulit Jeruk
Foto: iStock
Jakarta -

Sebagian besar orang akan langsung membuang kulit buah dan sayuran. Padahal sebenarnya beberapa jenis buah dan sayuran memiliki kulit yang bisa dimakan, memiliki rasa enak serta mengandung nutrisi.

Kulit buah dan sayuran seperti semangka, apel atau kentang biasanya langsung dikupas dan dibuang begitu saja. Tak banyak yang tahu kalau kulit buah dan sayuran ini mengandung nutrisi.

Mengolah kulit buah dan sayuran menjadi makanan bukan hanya bisa mengurangi sampah, tetapi juga memberi manfaat untuk tubuh. Nutrisi pada beberapa kulit buah dan sayuran juga terbilang komplet.

Dilansir dari Times of India (3/5) Rujuta Diwekar, seorang penulis buku dan ahli gizi pernah mengatakan bahwa dalam beberapa jenis buah dan sayuran memiliki memiliki bagian kulit yang nutrisinya lebih banyak dibandingkan buahnya. Kulit buah dan sayuran ini bisa diolah menjadi berbagai makanan seperti salad atau campuran makanan lainnya.

Berikut beberapa kulit buah dan sayuran yang bisa dimakan:

1. Semangka


Semangka memiliki beberapa lapisan kulit, pertama yakni kulit yang berwarna hijau dan kulit yang berwarna putih. Lapisan kulit yang berwarna putih ini terbilang cukup tebal dan teksturnya agak mirip dengan daging buah.

Kulit yang berwarna putih inilah yang bisa dikonsumsi. Kulit semangka mengandung vitamin C, Vitamin A dan vitamin B6. Kulit ini juga mengandung potasium dan zinc yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Konsumsi kulit semangka secara rutin dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, cocok untuk santapan diet serta bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Kulit semangka ini biasa jadi campuran dalam salad.

Kulit Semangka Kaya Nutrisi, Bisa Diolah Jadi KimchiKulit Semangka Kaya Nutrisi Foto: Getty Images/iStockphoto/Aneta_Gu

2. Mangga

Beberapa orang akan menganggap ini sedikit aneh aneh, tetapi kulit mangga mentah mengandung banyak nutrisi. Kulit mangga mentah mengandung vitamin A, vitamin C dan fitonutrien yang penting bagi tubuh. Vitamin A berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C membantu mengurangi peradangan.

Kulit mangga juga mengandung zat besi dan antioksidan. Sementara kandungan seratnya membantu menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan fitonutrien berperan untuk menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko kanker.

3. Mentimun

Mentimun biasa dijadikan campuran pada jus buah, salad atau dimasak menjadi olahan sayur. Mentimun sebenarnya memiliki kulit yang kaya akan vitamin K, potasium dan serat. Kulit mentimun juga rendah kalori dan mengandung banyak air.

Kandungan vitamin K dalam kulit mentimun membantu mengaktifkan protein dalam tubuh, sementara seratnya menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Mentimun bisa dijadikan makanan yang ampuh menurunkan berat badan.

4. Jeruk

Secara alami kulit buah jeruk memiliki aroma yang harum namun rasanya pahit jika dimakan begitu saja. Orang-orang banyak mengolah kulit jeruk menjadi manisan agar rasanya lebih enak dan dapat dimakan langsung.

Kulit buah jeruk mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin A, serat dan pektin. Kulit jeruk ini juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melegakan sistem pernapasan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT