Kulit 'Glowing' Saat Lebaran dengan 5 Tips Makan Sehat Ini

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 21 Apr 2022 06:00 WIB
Kulit ‘Glowing’ Saat Lebaran dengan 5 Tips Makan Sehat Ini Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Selama bulan Ramadan, kesehatan kulit wajah perlu dijaga agar tampil glowing saat hari raya Lebaran nanti. Caranya cukup mudah, bisa dari pola makan sehat.

Selain memperhatikan asupan makanan bernutrisi untuk sahur dan berbuka puasa. Selama menjalankan ibadah puasa, penting untuk tetap memperhatikan kesehatan kulit. Karena sering kali kesehatan untuk kulit wajah ini terlewatkan, atau sering dianggap sebagai hal sepele.

Padahal menjaga kesehatan dan kelembapan kulit wajah saat bulan Ramadan tidak lah sulit. Pola makan sehat jadi kunci utama yang mengurangi risiko kulit menjadi kering, kusam sampai muncul jerawat.

Dilansir dari Saudi Beauty (20/04), Dokter Shazia Ali membagikan pola makan apa saja yang harus diikuti dan dihindari. Demi menjaga kesehatan kulit wajah agar tetap bersinar di hari Lebaran nanti.

Mulai dari mengurangi makanan yang digoreng, sampai perbanyak minum air putih.

Baca Juga: 6 Tips Menu Diet Saat Puasa dari Dokter, Bagus Buat Panduan!" selengkapnya


1. Rajin Minum Air Putih

Kulit 'Glowing' Saat Lebaran dengan 5 Tips Makan Sehat IniKulit 'Glowing' Saat Lebaran dengan 5 Tips Makan Sehat Ini Foto: Getty Images/iStockphoto

Tak bosan-bosannya para dokter hingga ahli kesehatan untuk merekomendasikan konsumsi air putih. Meski harus berpuasa selama berjam-jam lamanya, tapi asupan air putih harus tetap terjaga.

"Berpuasa bisa membuat kulit wajah menjadi kering, hingga kusam sampai menimbulkan keriput karena dehidrasi. Ada kaitan yang erat antara asupan minum air putih, dengan kesehatan kulit," jelas Dokter Umesh Nihalani, dari Dubai London Clinic.

Ia menyarankan agar orang-orang minum dua liter air putih sehari. Bisa diminum secara berkala saat buka puasa hingga waktu sahur, sampai menjelang imsak.

2. Hindari Makanan yang Digoreng

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa terlalu banyak menyantap makanan yang digoreng dan berlemak bisa menimbulkan berbagai masalah di kulit wajah. Paling terlihat adalah efek wajah jadi berminyak, sampai timbul jerawat.

Tak hanya makanan yang digoreng, makanan yang mengandung kadar gula tinggi memiliki efek serupa. Kandungan dari gula berlebihan bahkan bisa menciptakan kerutan dan membuat kulit jadi kendur.

Dokter Shazia mengingatkan untuk menghindari menyantap makanan dalam porsi banyak. Terutama makan gorengan, makanan berkalori tinggi, sampai takjil manis. Cukup coba beberapa suap agar kandungan makanan tetap terkontrol.

3. Hindari Karbohidrat Berlebihan

Nasi Uduk, a traditional dish from Betawi, Jakarta. A dish of steamed rice infused with fragrant coconut milk and served with variety of side dishes such as fried chicken, sauteed tempeh, omelet, fresh vegetables, cracker crisp, fried shallots and spicy peanut sauce. All the food items have been arranged on a banana-leaf-lined earthenware plate, ready to be served as a one-dish-meal. A pair of wooden cutleries is placed next to the plate. Further back in blur are the sautéed tempeh and spicy peanut sauce.Ilustrasi menu karbohidrat. Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

Makanan yang mengandung karbohidrat olahan sebaiknya dihindari. Makanan ini banyak ditemukan di tepung putih, makanan kemasan dan sebagainya.

Karbohidrat olahan mengandung nutrisi yang rendah dan bisa meningkatkan bakteri jahat dalam perut. Tentunya hal ini bisa menimbulkan jerawat hingga beruntusan di kulit.

Terutama saat sahur ketika tubuh mempersiapkan diri untuk berpuasa selama berjam-jam. Jadi ia menyarankan makanan bernutrisi seperti sop sayur bening, sayuran tumis, atau buah-buahan segar.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com