4 Menu Sahur Agar Kenyang Seharian ketika Berpuasa

Riska Fitria - detikFood Jumat, 08 Apr 2022 10:30 WIB
Menu sahur yang bikin kenyang Foto: iStock
Jakarta -

Penting untuk memilih jenis makanan dan minuman ketika sahur. Pilihlah makanan yang bisa membuat kenyang seharian sehingga tidak lemas saat berpuasa.

Melalui channel YouTube, dr Zaidul Akbar sering memberikan penjelasan tentang pola makan yang baik. Salah satunya pola makan saat sahur agar tidak lemas dan kenyang seharian.

Dr Zaidul Akbar mengatakan bahwa pola makan yang baik itu sederhana, cukup makan yang benar dengan menu alami. Artinya bukan makanan yang telah melewati proses pengolahan panjang.

"Konsep yang bener itu ya kamu cuma perlu makan yang bener aja. Pertama, ya makanan olahan itu dikurangi semua," ujar dr Zaidul Akbar.

Berikut menu sahur agar kenyang seharian menurut dr Zaidul Akbar:

1. Konsumsi Lemak Sehat

Menu sahur yang bikin kenyangAlpukat jadi salah satu menu sahur yang bikin kenyang Foto: iStock

Dr Zaidul Akbar menyarankan untuk mengasup lemak sehat. Lemak sehat itu bisa didapatkan dari minyak zaitun atau alpukat.

"Paling gampang makan satu alpukat, kerok aja kasih madu, lalu kasih minyak zaitun. Abis itu minum air putih udah cukup," tutur dr Zaidul Akbar.

Selain madu, kamu juga bisa menambahkan dengan air jeruk nipis dan bubuk cokelat. Meskipun sederhana, tetapi jangan khawatir kekurangan gizi ketika berpuasa karena alpukat kaya gizi.

Baca Juga: Puasa Sebentar Lagi, Ini 5 Tips Pilih Menu Sahur Anti Haus dan Lapar

2. Pilih Karbohidrat yang Baik

Menu sahur yang bikin kenyangNasi cokelat bisa jadi menu sahur yang bikin kenyang Foto: iStock

Supaya puasa tidak lemas, dr Zaidul Akbar menyarankan untuk mengonsumsi karbohidrat yang cukup. Namun, pilihlah karbohidrat yang baik dan tidak berlebihan.

"Contohnya nasi, tapi pilih nasi yang baik seperti beras cokelat atau mungkin kentang-kentangan juga boleh," jujar dr Zaidul Akbar.

Selain itu, kamu juga bisa memilih umbi-umbian, seperti singkong dan ubi jalar. Makanan tersebut mengandung karbohidrat yang akan membuat tubuh berenergi.

Baca Juga: Puasa Sebentar Lagi, Ini 5 Tips Pilih Menu Sahur Anti Haus dan Lapar

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com