Masakan Rumahan

Puasa Sebentar Lagi, Ini 5 Tips Pilih Menu Sahur Anti Haus dan Lapar

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 01 Apr 2022 11:30 WIB
Tips Pilih Menu Sahur Agar Terhindar dari Haus dan Lapar
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Ramadan tiba, umat muslim di seluruh dunia bersiap menunaikan ibadah puasa. Agar terhindar dari rasa haus dan lapar, ini tips memilih menu sahur yang tepat.

Tak terasa bulan suci Ramadan 1443 H akan segera tiba. Momen ini disambut suka cita oleh seluruh muslim di dunia dengan melaksanakan puasa selama 30 hari.

Umat muslim harus menahan rasa haus dan lapar setiap harinya. Persiapan menyambut datangnya puasa biasanya dilakukan dengan menyetok makanan di rumah. Pemilihan menu yang sehat juga harus diperhatikan.

Dilansir dari Cairo Gyms (14/5), ada beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika memilih menu untuk sahur. Agar tubuh tetap bugar dan terhindar dari rasa haus dan lapar.

Baca Juga: Enak! Ini 7 Olahan Bakso Beku Rasa Unik yang Cocok Buat Stok Puasa

Berikut 5 tips memilih menu sahur yang tepat.

1. Pilih Makanan yang Bernutrisi

Tips Pilih Menu Sahur Agar Terhindar dari Haus dan LaparTips Pilih Menu Sahur Agar Terhindar dari Haus dan Lapar Foto: Getty Images/iStockphoto

Saat memilih makanan untuk menu sahur, jangan lupakan asupan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Makanan dengan asupan kabohidrat kompleks perlu dimasukkan dalam menu sahur, seperti nasi merah, roti gandum, atau oatmeal. Karbohidrat yang seratnya tinggi ini membutuhkan waktu lebih lama dicerna, sehingga mempertahankan energi selama puasa.

Makanan dengan kandungan lemak yang sehat juga dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur. Lemak sehat ini memperlambat proses pencernaan dan pemanfaatan glukosa, membut makanan bertahan lebih lama di siang hari. Makanan berprotein tinggi juga baik dikonsumsi saat sahur karena dapat menjaga metabolisme tubuh.

2. Jangan Lewatkan Buah dan Sayur

Tips Pilih Menu Sahur Agar Terhindar dari Haus dan LaparTips Pilih Menu Sahur Agar Terhindar dari Haus dan Lapar Foto: Getty Images/iStockphoto

Agar asupan gizi seimbang selama puasa, jangan sampai lewatkan menyantap buah dan sayur. Kedua makanan ini juga membantu tubuh agar sistem metabolisme tetap terjaga selama puasa.

Tak hanya metabolisme yang terjaga, energi selama puasa juga tak begitu mengalami penurunan. Karena mengonsumsi buah dan sayuran dapat meningkatkan rasa kenyang di siang hari.

Buah dan sayur juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan. Makanan ini juga mengandung serat tinggi yang membantu dalam mencegah sembelit.

Baca Juga: Ini 4 Kesalahan Saat Masak Mie Instan yang Sering Dilakukan



Simak Video "Pesta Tapai, Suka Cita Masyarakat Batu Bara Sumut Sambut Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]