7 Tips Puasa untuk Penderita Diabetes agar Tetap Sehat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 06 Apr 2022 05:00 WIB
7 Tips Puasa untuk Penderita Diabetes agar Tetap Sehat Foto: Getty Images/simon2579
Jakarta -

Beberapa penderita diabetes jalani puasa saat ramadan. Ada 7 tips puasa untuk penderita diabetes yang perlu diperhatikan agar puasa yang dilakukan membuat tubuh tetap sehat.

Berpuasa saat ramadan adalah ibadah wajib untuk seorang muslim. Saat kondisi kesehatan memungkinkan untuk puasa, maka kamu wajib menjalaninya.

Bagi para penderita diabetes juga bisa ikut berpuasa asalkan gula darahnya terkontrol dengan baik. Pastikan juga tak ada penyakit serius yang menyertai seperti sakit jantung atau gangguan ginjal.

Saat berpuasa, penderita diabetes tak boleh sembarangan. Mereka harus mengatur pola makannya dengan baik karena jika tidak, mungkin terjadi komplikasi seperti kondisi gula darah turun drastis (hipoglikemia) atau menjadi sangat tinggi (hiperglikemia).

Agar kondisi yang membahayakan kesehatan itu tidak terjadi, ada beberapa hal yang harus diwaspadai dan dilakukan penderita diabetes saat puasa. Tips ini penting diperhatikan, termasuk oleh kamu yang keluarganya merupakan penderita diabetes.

Ini 7 tips puasa untuk penderita diabetes agar tak bahayakan kesehatan:

1. Konsultasikan pada dokter

Mengutip Health X Change SG (5/4/2022), hal terpenting sebelum penderita diabetes puasa adalah mengkonsultasikan dulu keinginan ini kepada dokter. Pasalnya dokter bisa mengetahui kondisi kesehatan penderita diabetes dan memutuskan apakah sekiranya ia aman untuk berpuasa atau tidak? Konsultasi ini juga bertujuan menyesuaikan pemberian obat, jika ada.

Mayo Clinic mengungkap, biasanya penderita diabetes yang diperbolehkan untuk puasa adalah mereka yang memiliki diabetes tipe 2 dan terkontrol, serta mereka yang telah masuk masa perawatan diabetes dengan obat atau terapi gaya hidup. Sebaliknya, mereka yang punya diabetes tipe 1 atau diabetes tipe 2 dengan kontrol gula darah yang buruk, biasanya tidak diizinkan berpuasa sama sekali.

2. Tidak melewatkan sahur

7 Tips Puasa untuk Penderita Diabetes agar Tetap SehatPenderita diabetes dianjurkan tidak melewatkan sahur. Foto: Getty Images/simon2579

Saat berpuasa, penderita diabetes dianjurkan tidak melewatkan sahur untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Sebab melewatkan waktu sahur bisa membuat penderita diabetes kehilangan cadangan energi yang bisa mengakibatkan hipoglikemia.

Makanan yang dikonsumsi sebaiknya yang memiliki indeks glikemik rendah agar gula darah tak naik dratis. Misalnya roti gandum, beras cokelat, beras basmati, ubi jalar, jagung, brokoli, mie beras, susu sapi, hingga yogurt.

3. Makan 3 kali sehari

Mengutip Alodokter (5/4/2022), tips puasa untuk penderita diabetes juga termasuk memastikan makan 3 kali sehari. Pada puasa, waktu makan ini terbagi dalam sahur, makan saat buka puasa, dan makan malam usai salat tarawih.

Mengenai jam konsumsinya, saat sahur, makanlah mendekati waktu imsak atau subuh. Kemudian saat buka puasa, segerakan makan usai azan magrib berkumandang agar kadar gula darah tidak turun terlalu lama.

Tips puasa untuk penderita diabetes lain ada di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com