Konsumsi 7 Makanan kaya Serat Agar Pencernaan Lancar Selama Berpuasa

ADVERTISEMENT

Konsumsi 7 Makanan kaya Serat Agar Pencernaan Lancar Selama Berpuasa

Riska Fitria - detikFood
Minggu, 17 Apr 2022 05:00 WIB
Chocolate background. Many pieces of chocolate, candies, cookies, biscuits, cakes and other sweets. Milk chocolate and dark chocolate. coconut candy
Foto: iStock
Jakarta -

Serat merupakan nutrisi yang penting dan dibutuhkan tubuh, terutama dalam kondisi berpuasa. Nutrisi serat bisa kamu dapatkan dari buah dan sayuran ini.

Ketika berpuasa tubuh sangat membutuhkan serat. Nutrisi serat sangat berkhasiat untuk kesehatan sistem pencernaan. Misalnya mengatasi sembelit hingga memperlancar buang air besar.

Sebab kondisi itu rentan terjadi ketika tubuh tidak mengasup nutrisi yang baik. Karenanya pilihkan menu makanan yang kaya serat untuk sahur dan berbuka agar puasa jadi lancar.

Dikutip dari berbagai sumber berikut 7 makanan kaya serat:

1. Alpukat

Ilustrasi alpukatAlpukat kaya akan serat Foto: Getty Images/iStockphoto/barmalini

Buah alpukat bisa jadi menu sahur dan berbuka yang baik. Alpukat mengandung serat yang tinggi. Dalam 100 gram alpukat mengandung 7 gram serat. Jumlah itu mencukupi sekitar 22% kebutuhan serat harian.

Selain serat, alpukat juga memiliki kandungan vitamin B kompleks, C, E dan berbagai jenis mineral yang bagus untuk kesehatan sistem pencernaan tubuh.

2. Pir

Buah pir juga tinggi akan serat. Dalam 100 gram buah pir mengandung 3,1 gram serat dan ini bisa mencukupi sekitar 15% kebutuhan serat harian kamu. Buah pir bagus untuk penderita sembelit.

Selain itu, pir juga mengandung serat yang disebut pektin. Pektin tersebut dapat berperan memperlancar ketika buang air besar dan mendukung pertumbuhan bakteri usus.

3. Kacang Polong

Kacang polongKacang polong kaya akan serat Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

Kacang-kacangan juga kaya serat. Salah satu jenis kacang yang bisa kamu pilih untuk menu buka puasa adalah kacang polong. Dalam 100 gram kacang polong mengandung 8,3 gram serat.

Kandungan serat pada kacang polong ini termasuk yang paling tinggi. Selain itu, kacang polong juga mengandung protein, vitamin, mineral dan vitamin yang bagus untuk sistem pencernaan.

Baca Juga: Apakah Kamu yang Dapat Alat Masak Modern GRATIS untuk Lebaran?

4. Biji Chia

Biji chia atau yang dikenal juga dengan sebutan chia seed bisa jadi campuran menu buka puasa. Dalam 100 gram biji chia mengandung 34,4 gram serat.

Kandungan serat tersebut setara dengan 114% kebutuhan serat harian pada orang dewasa. Bukan hanya serat, bijichia juga mengandung protein dan lemak sehat yang dibutuhkan tubuh.



Simak Video "Platter Iga Bakar ala Resto Mewah di Tengah Perumahan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT