Setelah Makan Lakukan 5 Tips Ini untuk Kendalikan Kadar Kolesterol

ADVERTISEMENT

Setelah Makan Lakukan 5 Tips Ini untuk Kendalikan Kadar Kolesterol

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 23 Nov 2022 05:00 WIB
Setelah Makan Lakukan 5 Tips Ini untuk Kendalikan Kadar Kolesterol
Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect
Jakarta -

Usai makan banyak ada ancaman kolesterol yang dapat melonjak secara tiba-tiba. Beberapa cara ini cocok untuk dilakukan setelah makan dan mengendalikan kolesterol.

Banyak makanan lezat yang memiliki kandungan lemak jenuh sehingga dampaknya tak baik untuk kadar kolesterol dalam tubuh. Misalnya seperti gorengan yang membuat penikmatnya sulit untuk berhenti menghabiskannya.

Hasilnya beberapa gejala yang tidak nyaman akan dirasakan karena dipengaruhi kadar kolesterol yang mendadak meningkat. Penumpukan kolesterol yang ada di dalam tubuh jika dibiarkan dapat menimbulkan penyakit bawaan lainnya seperti darah tinggi hingga diabetes yang sangat mengerikan.

Ternyata ada cara mudah yang bisa dilakukan setelah makan untuk mengatasi penumpukan kolesterol di dalam tubuh. Jika tak ingin mengalami efek yang lebih buruk sebaiknya ikuti saran yang direkomendasikan ahli gizi ini. Cek daftarnya!

Berikut ini 5 tips mengendalikan kolesterol setelah makan menurut Times of India:

Setelah Makan Lakukan 5 Tips Ini untuk Kendalikan Kadar KolesterolMinum air hangat setelah makan menjadi cara yang paling ampuh untuk menekan lonjakan kolesterol. Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect

1. Minum air hangat

Ketika terlalu menikmati makanan, banyak orang yang secara tidak sadar menyantap makanan terlalu banyak. Hasilnya perut akan terasa penuh, kembung hingga terasa seperti tak mampu untuk berdiri maupun bergerak.

Ketika merasakan kondisi terlalu penuh ini, ahli gizi menyarankan untuk meminum segelas air hangat. Minum air hangat setelah 30 - 45 menit setelah makan dikatakan membantu untuk meredakan perut yang terlalu penuh.

Para ahli juga menjelaskan bahwa air minum berperan sebagai transportasi bagi nutrisi dan sisa makanan untuk berpindah ke organ pencernaan yang lain. Nutrisi-nutrisi yang dibawa air nantinya akan dipecah sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh.

2. Konsumsi minuman detoks

Ketika terlalu banyak asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, maka sama artinya dengan timbunan sisa makanan yang juga sama banyaknya di dalam tubuh. Pada kondisi ini mengonsumsi bahan-bahan yang dapat membantu detoks sangat dibutuhkan.

Salah satu cara untuk menenangkan tubuh yang kekenyangan adalah dengan minum air lemon. Air lemon memiliki manfaat untuk membantu mengeluarkan racun dan toksin dari dalam tubuh.

Racikan air lemon ini paling disarankan untuk dikonsumsi setelah makan makanan yang digoreng. Selain membantu mengeluarkan toksin dari makanan, air lemon juga dipercaya berkhasiat untuk membantu menurunkan berat badan.

Tips mengendalikan kolesterol setelah makan lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Santan Dipanaskan Berulang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT