Penderita Diabetes Bisa Coba 5 Pola Makan Sehat Ini

ADVERTISEMENT

Penderita Diabetes Bisa Coba 5 Pola Makan Sehat Ini

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 22 Nov 2022 05:00 WIB
Penderita Diabetes Bisa Coba 5 Pola Makan Sehat Ini
Foto: Getty Images
Jakarta -

Diabetes merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Dibutuhkan pola makan yang tepat untuk mencegah dan mengatasinya. Ikuti 5 pola makan sehat berikut.

Ada beberapa jenis diabetes yang bisa dialami seseorang. Mungkin mereka membutuhkan perawatan yang berbeda, namun dalam hal diet, ada jenis pola makan yang cocok dilakukan oleh semua penderitanya.

Ketika seseorang sudah terkena penyakit ini, mereka harus mengatasinya dengan mengubah cara makannya menjadi lebih sehat. Kiat makan sehat ini sebenarnya bukan hanya berfungsi untuk mengatasi diabetes, namun juga membantu mengelola glukosa darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol.

Merangkum diabetes.org.uk (21/11), berikut 5 pola makan sehat yang bisa diikuti oleh para penderita diabetes:

1. Pilih Karbohidrat Sehat

5 Cara Masak Sayuran Paling Sehat Menurut Ahli Gizi, Intip Daftarnya!Pilih karbohidrat yang sehat. Nasi bisa diganti dengan gandum maupun larbohidrat sepertu buah maupun sayuran. Foto: Getty Images

Semua karbohidrat bisa mempengaruhi kadar glukosa darah. Karenanya pemilihannya harus benar-benar diperhatikan.

Karbohidrat tetap dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. Para penderita diabetes bisa memilih beberapa karbohidrat sehat seperti biji-bijian utuh mulai dari beras merah, gandum utuh, buah, sayuran, hingga beberapa kacang-kacangan.

Pada saat yang sama, penting juga untuk mengurangi makanan yang rendah akan serat. Sebaiknya menghindari makanan seperti roti putih, nasi putih, maupun sereal olahan.

2. Pilih Makanan Dengan Garam yang Lebih Sedikit

Makanan yang gurih asin memang sangat menggugah selera. Namun, para penderita diabetes tentu tidak bisa sembarang mengonsumsi makanan tersebut.

Konsumsi garam yang terlalu banyak bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi yang pada akhirnya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kabar buruknya lagi, ketika seseorang menderita diabetes, mereka sudah lebih berisiko terhadap kondisi tersebut.

Jika ingin mengonsumsi makanan asin, coba untuk membatasi diri dengan maksimal konsumsi 6 gram atau satu sendok teh garam sehari.

Lebih baik memasak sendiri makanan di rumah agar tahu takaran garam yang dipakai. Karena, beberapa makanan kemasan atau makanan yang beli di luar mengandung garam yang lebih banyak.

Rasa gurih pada garam juga bisa ditukar dengan bumbu lain yang lebih sehat.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT