ADVERTISEMENT

Hari Ikan Nasional Ini 5 Manfaat Sehat Jika Rutin Makan Ikan

Riska Fitria - detikFood
Senin, 21 Nov 2022 16:30 WIB
Manfaat makan ikan
Foto: iStock
Jakarta -

Hari Ikan Nasional ini mengingatkan kita akan pentingkan rutin mengonsumsi ikan. Sebab ada banyak manfaat yang didapat, mulai dari mencegah depresi hingga penyakit.

Hari Ikan Nasional (Harkannas) diperingati setiap tanggal 21 November. Tahun ini, puncak pengeringatakan Harkannas digelar di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Dengan tema "Ikan Menyehatkan dan Mencerdaskan Untuk Generasi Unggul", Harkannas ini merupakan salah satu langkah untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan, sebagai upaya mewujudkan visi 'Indonesia Emas'.

Mengingat ikan merupakan makanan yang bergizi yang dibutuhkan setiap orang sejak dini. Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut 5 manfaat sehat untuk tubuh jika rutin makan ikan.

1. Memperpanjang Umur

Manfaat makan ikanIkan mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan. Foto: iStock

Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan. Sebuah penelitian menemukan bahwa kadar lemak tersebut bisa membuat panjang umur lima tahun lebih lama dari biasanya.

Para peneliti telah menganalisis 2.200 orang yang berusia di atas 65 tahun. Mereka menemukan empat jenis asam lemak berkontribusi positif terhadap harapan hidup manusia.

Salah satu jenis asam tersebut adalah asam lemak omega-3. Dalam 100 gram ikan salmon terdapat kandungan 2.260 mg asam lemak omega-3

Dikutip dari Studi Finds (15/04/22) American Heart Association merekomendasikan untuk mengasup lemak omega-3 dari jenis ikan salmon dan sarden dua minggu sekali.

Baca Juga: 10 Resep Ikan Bumbu Pedas yang Bikin Nambah Nasi

2. Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat makan ikanPara peneliti juga menemukan bahwa rutin makan ikan berlemak bisa membantu mencega diabetes tipe-2. Foto: iStock

Para peneliti juga menemukan bahwa rutin makan ikan berlemak bisa membantu mencega diabetes tipe-2. Itu karena ikan mengandung asam lemak omega-3, taurin, kalsium dan vitamin D.

Kandungan lemak tak jenuh juga bisa membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dan mencegah penyakit jantung. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diikuti 152 pasien pra-diabetes.

Sebagian dari mereka diberi makan dua kaleng sarden sebanyak 200 gram setiap minggu. Kemudian ditemukan bahwa jumlah pasien berisiko tinggi yang mengikuti diet ikan menurun dari 37% menjadi 8%.

Dalam 100 gram ikan sarden memiliki kandungan asam lemak omega-3 sebanyak 1.480 mg.



Simak Video "Sensasi Sajian Kelapa Muda yang Dibakar"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT