ADVERTISEMENT

Mantap! Pecak Nila Kuah Pedas di Warung Betawi Pengkolan Mpok Nur

Atiqa Rana - detikFood
Minggu, 23 Okt 2022 11:00 WIB
4
"Warung ini menyediakan makanan khas Betawi dengan rasa autentik. Menu andalannya Pecak Ikan Nila dengan kuah merah yang pedas, gurih, segar. " - adr
Mantap! Pecak Nila Kuah Pedas di Warung Betawi Pengkolan Mpok Nur
Foto: Detikcom / Atiqa Rana
Jakarta -

Ragam makanan khas Betawi bisa dicicipi di Bekasi. Salah satunya ditawarkan Warung Betawi Pengkolan Mpok Nur yang punya menu favorit pecak ikan berkuah pedas segar.

Bekasi berada di perbatasan antara Jakarta dan Jawa Barat. Karenanya, kuliner khas daerah ini kebanyakan percampuran antara budaya Betawi dan Sunda.

Mungkin kuliner Sunda lebih umum dikenali, tetapi ada juga kuliner Bekasi dengan menu-menu khas Betawi yang tak boleh dilewatkan.

Ada beberapa makanan khas Betawi terkenal seperti Pecak Ikan dan Gabus Pucung. Makanan-makanan tersebut ditawarkan di Warung Betawi Pengkolan Mpok Nur yang dimiliki oleh orang Betawi asli.

Tak hanya menu yang menarik, warung tradisional ini juga punya dekorasi ikonik. Dua ondel-ondel tampak berdiri dekat pintu masuk. Ada juga dekorasi sepeda ontel yang menghiasi sudut ruangan.

Detail Informasi (Nama Tempat Makan)
Nama Tempat MakanWarung Betawi Pengkolan Mpok Nur
AlamatJl. Kali Kisem Beih / Irigasi RT.005/RW.021, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17148
No Telp082125606435
Jam Operasional10.00 WIB - Habis
Estimasi HargaRp 5.000 - Rp 35.000
Tipe KulinerMakanan Tradisional khas Betawi
Fasilitas
  • Area luas
  • Tempat Parkir Luas
  • Akses Mudah
  • Kamar Mandi

1. Menyediakan Menu Khas Betawi dengan Resep Otentik

Mantap! Pecak Nila Kuah Pedas di Warung Betawi Pengkolan Mpok NurWarung makan ini menyediakan makanan khas Betawi yang masih otentik. Ini beberapa menu yang tersedia. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Warung Betawi Pengkolan Mpok Nur menyediakan aneka menu khas Betawi seperti pecak, gabus pucung, dan beberapa tumisan. Pemiliknya adalah orang Betawi asli.

Pada Jumat (14/10), Detikfood menemui juru masak di warung tersebut yaitu Mpok Yanah. Ia mengungkap bahwa semua makanan yang dihidangkan di warung tersebut memang asli resep buatannya. "Saya disini biasanya yang masak. Semua resepnya memang dari saya sendiri karena saya orang Betawi asli," ucap mpok Yanah.

Setiap hari, mpok Yanah mulai memasak pukul 05.00. Satu persatu hidangan dibuat, kemudian seluruh hidangan akan siap pada pukul 10.00.

Disarankan jika datang ke warung ini sebaiknya saat semua hidangan sudah siap, sekitar pukul 10.00 atau 11.00 WIB. Karena jika datang terlalu sore, banyak makanan yang sudah ludes.

Menu yang ditawarkan beragam mulai dari Pecak Ikan Nila, Pecak Ayam, Gabus Pucung, Pepes Jamur, Pepes Peda, Ikan Teri, Sayur Asam, Semur Jengkol, dan masih banyak lagi.

2. Konsep Warung Pinggir Jalan yang Menarik

Mantap! Pecak Nila Kuah Pedas di Warung Betawi Pengkolan Mpok NurSelain menu makanan, konsep dari warung makan ini juga punya daya tarik tersendiri karena ada beberapa dekorasi ciri khas Betawi. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Meski baru buka saat pandemi Covid-19, tetapi warung makan ini telah digemari banyak orang. Salah satunya Walikota Bekasi yang pernah beberapa kali makan di tempat ini untuk menjajal Gabus Pucung.

Daya tarik rumah makan ini juga datang dari konsep dan dekorasi interiornya. Warung Betawi Pengkolan Mpok Nur punya area yang sangat luas. Sesuai dengan namanya, warung ini memang terletak di pengkolan jalan besar.

Dari kejauhan, warung makan Betawi ini sudah menarik perhatian. Pasalnya, di depan warung terpajang hiasan ondel-ondel serta sepeda ontel dan beberapa motor antik. Cat bangunan yang berwarna kuning cerah pun membuatnya terlihat nyentrik.

Mantap! Pecak Nila Kuah Pedas di Warung Betawi Pengkolan Mpok NurSuasana di dalam Warung Betawi Pengkolan Mpok Nur ini. Cat tembok berwarna kuning menghidupkan suasana yang cerah. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Ketika masuk, beberapa sudutnya terlihat dilengkapi pajangan berupa susunan rantang makanan hingga foto tokoh Betawi. Hal inilah yang bikin nuansa Betawi makin kental.

Untuk menunya disusun di atas etalase. Pelanggan yang datang bisa langsung memilih menu yang diinginkan, baru duduk. Namun jika ada pelanggan yang sudah langganan, mereka biasanya akan meminta menu yang diinginkan, lalu diantar.

"Iya kalau yang udah sering datang mah langsung duduk di meja terus manggil mau pesan apa. Barulah dianter ke meja sesuai pesanannya," ucap mpok Yanah.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT