Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini untuk Tingkatkan Kolesterol Baik

ADVERTISEMENT

Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini untuk Tingkatkan Kolesterol Baik

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 19 Nov 2022 06:00 WIB
Catat! 5 Makanan Ini Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Secara Alami
Foto: Ilustrasi Getty Images/enviromantic
Jakarta -

Untuk menjaga kesehatan jantung, kadar kolesterol baik atau HDL perlu dijaga. Ada beberapa makanan yang bisa menjaga kolesterol baik itu. Ini daftarnya!

Kolesterol merupakan zat lilin yang ditemukan dalam sel tubuh. Organ yang memproduksi kolesterol ini adalah hati.

Sebenarnya kolesterol bermanfaat untuk tubuh, namun jika jumlahnya terlalu tinggi tidak baik karena akhirnya bisa meningkatkan masalah jantung. Kolesterol akan bergerak melalui darah pada protein khusus, disebut High Density Lipoprotein (HDL) yang punya manfaat untuk membersihkan kolesterol dalam darah dan membawanya kembali ke hati, lalu kembali dikeluarkan dari tubuh.

Dengan manfaat tersebut, itu sebabnya HDL sering disebut dengan kolesterol baik. HDL juga mampu meningkatkan kolesterol yang lebih sehat dan membantu melindungi jantung, yang mana fungsi tersebut sangat berbeda dengan LDL (Low density lipoprotein).

Pada akhirnya, HDL menjadi penting bagi kesehatan jantung. Untuk menjaga kadar kolesterol baik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, termasuk mengonsumsi makanan yang sehat dan membatasi makanan dengan lemak jenuh.

Merangkum greatist.com (18/12/2019), berikut 5 makanan sehat untuk jantung yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL:

1. Apel

tipe kepribadian berdasarkan buah apel, pisang, hingga nanas.Buah apel bisa bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol baik dengan cara menurunkan kolesterol jahat.. Foto: iStock

Tampaknya buah apel benar-benar menjadi buah yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya dalam menjaga kadar kolesterol baik.

Apel adalah sumber buah yang mengandung pektin dan mampu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Apel juga sarat akan polifenol yang menurut studi pada tahun 2013, polifenol dapat membantu menjaga arteri agar tidak tersumbat atau meradang dengan cara menghentikan oksidasi kolesterol jahat (LDL).

2. Alpukat

Selain apel, alpukat juga menjadi superfood untuk menjaga kadar kolesterol baik. Buah hijau ini menyajikan banyak serat dan lemak tak jenuh tunggal. Kedua kandungan inilah yang menjadi kunci untuk menjaga kolesterol agar tetap sehat.

Bahkan beberapa studi mengungkap bahwa lemak tak jenuh itulah yang justru akan meningkatkan kesehatan hati. Terlebih, alpukat juga kaya akan vitamin dan mineral yang bebas dari kolesterol.



Simak Video "Ini Cara Sehat Olah Daging Kambing "
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT