10 Manfaat Sehat Teh Hitam yang Terbukti Secara Ilmiah

ADVERTISEMENT

10 Manfaat Sehat Teh Hitam yang Terbukti Secara Ilmiah

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Sabtu, 19 Nov 2022 05:00 WIB
Teh Hitam Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Faktanya
Foto: iStock
Jakarta -

Teh hitam adalah jenis teh yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Rutin minum teh hitam bisa mendatangkan 10 manfaat sehat ini. Sudah terbukti secara ilmiah lho!

Teh hitam tergolong jenis teh yang umum dikonsumsi di dunia, tapi manfaat sehatnya belum setenar teh hijau atau teh putih. Faktanya, teh hitam juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Selama kamu tidak sensitif akan kafein, cocok mengonsumsi teh, dan tidak menambahkan gula ke teh hitam, mengonsumsi minuman ini secara rutin bisa memberi dampak kesehatan luar biasa bagi tubuh. Hal ini disampaikan ahli gizi Robin Foroutan seperti dikutip dari Prevention (17/11).

Berikut 10 manfaat sehat teh hitam yang terbukti secara ilmiah:

1. Membantu fokus

Teh hitam mengandung kafein yang berfungsi membantu kamu lebih fokus dan meningkatkan energi. Ahli gizi Amanda Holtzer menjelaskan teh hitam mengandung sekitar 1/3 atau 1/2 kafein dari secangkir kopi hitam.

"Karena teh mengandung kafein dan L-theanine, senyawa yang membantu tubuh lebih tenang, maka paduan ini bisa memberikan dorongan yang lebih seimbang," tambah Foroutan.

2. Sehatkan jantung

Penelitian terbaru menemukan minum 2 atau lebih cangkir teh hitam per hari bisa menurunkan risiko kematian dini akibat penyakit kardiovaskular, penyakit jantung iskemik, dan stroke.

Selain itu, konsumsi teh hitam membantu meningkatkan kesehatan dan fungsi lapisan endotelium pembuluh darah, jelas Foroutan. Kondisi ini dapat mendukung aliran darah yang tepat ke seluruh tubuh dan menciptakan tekanan darah yang sehat.

"Peminum teh hitam ditemukan memiliki risiko stroke dan aterosklerosis yang lebih rendah," catatnya. Antioksidan yang ditemukan dalam teh hitam yang disebut flavonoid juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kata ahli gizi Anna Rios.

3. Mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh

Teh Hitam Bantu Turunkan Berat Badan, Ini FaktanyaKonsumsi teh hitam bantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Foto: iStock

Holtzer mengatakan beberapa penelitian menunjukkan bahwa selain menyehatkan jantung, konsumsi teh hitam juga dapat mengurangi kolesterol LDL yang dikenal sebagai kolesterol "jahat" dalam darah. Penelitian lain menemukan bahwa meskipun tidak selalu berdampak pada kolesterol total atau HDL, namun dapat menurunkan konsentrasi LDL secara signifikan.

4. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian ilmiah baru-baru ini juga mencatat kalau konsumsi teh hitam secara teratur dapat menurunkan tekanan darah. Konsumsinya sekaligus menghindarkan seseorang dari penyakit akibat tekanan darah tinggi, seperti stroke.

5. Meningkatkan kesehatan usus

Antioksidan yang terkandung dalam teh hitam dapat secara positif memengaruhi mikroba usus, kata Foroutan. Rios menambahkan, "Polifenol juga dapat mendorong pertumbuhan bakteri makanan di usus yang mengarah pada peningkatan kesehatan usus."

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Jalan-jalan ke Thailand, Nikmati Kuliner Malam"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT