Ini Cara Menyeduh Teh Hitam dalam Teko Agar Lebih Enak

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 01 Sep 2016 16:40 WIB
Foto: iStock/detikFood
Jakarta - Teh hitam jadi salah satu jenis teh yang disukai orang Indonesia. Ikuti aturan ini saat menyeduh teh ini dalam teko.

Rasanya yang pekat dan sepat membuat teh hitam banyak dipilih orang. Black Tea 2Tang menjadi salah satu jenis teh hitam berkualitas yang diolah secara higienis.

Jika menyeduh teh dalam cangkir biasanya hanya diperlukan cukup 1 kantung teh celup. Akan tetapi untuk menyeduh teh hitam dalam teko diperlukan beberapa trik agar teh yang dihasilkan tetap enak dan beraroma maksimal.

Ratna Somantri, ahli teh Indonesia memberikan langkah mudah untuk menyeduh teh dengan wadah teko.

1. Pilih teko

Teko yang digunakan untuk menyeduh teh hitam ini bisa digunakan yang berbahan dasar keramik, kaca atau tanah liat.

2. Bilas teko

Sebelum digunakan, bilas teko terlebih dahulu dengan air panas. Ini dilakukan untuk memastikan teko sudah bersih sekaligus menghangatkan suhu dari teko yang akan digunakan agar sama dengan suhu air teh yang diseduh.

3. Seduh teh

Teko dengan kapasitas 450 ml membutuhkan sebanyak 2 kantung teh hitam celup. Masukkan dua kantung teh balck tea 2Tang ke dalam teko. Tuangkan air panas dengan suhu 95 derajat Celcius, tutup teko.

Diamkan selama 3-4 menit. Jika ingin menghasilkan teh yang lebih pekat warnanya seperti teh Inggris, Anda bisa diamkan hingga 5 menit.

4. Aduk dan angkat

Setelah diseduh maksimal 5 menit, Anda bisa mengaduk teh dengan cara memutar kedua kantung teh perlahan.kemudian angkat kantung teh.


5. Sajikan

Teh yang sudah diseduh dalam teko bisa langsung dituang ke dalam cangkir. Teh dalam teko sangat pas untuk suguhan tamu yang datang ke rumah. Jangan lupa nikmati dengan aneka cake dan jajanan pasar enak.


(lus/odi)