Penuh Khasiat! Minum 5 Teh Ini Bantu Atasi Tekanan Darah Tinggi

ADVERTISEMENT

Penuh Khasiat! Minum 5 Teh Ini Bantu Atasi Tekanan Darah Tinggi

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 04 Nov 2022 05:00 WIB
5 Cara Minum Teh Hijau yang Benar agar Manfaatnya Maksimal
Foto: Getty Images
Jakarta -

Hipertensi menjadi salah satu masalah kesehatan utama yang diderita banyak orang. Salah satu cara mengatasinya bisa dengan konsumsi teh herbal, termasuk 5 jenis teh ini.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa diderita oleh semua kelompok umur. Masalah penyakit ini bisa sangat berbahaya karena ketika tekanan darah meningkat, itu akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Karenanya, mengatasi masalah kesehatan tersebut menjadi sangat penting. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan mengonsumsi teh herbal.

Ada beberapa teh herbal yang dikenal efektif mengontrol kondisi hipertensi itu. Merangkum beberapa sumber, berikut 5 jenis teh herbal yang bisa dikonsumsi.

1. Teh Hijau

5 Cara Minum Teh Hijau yang Benar agar Manfaatnya MaksimalTeh hijau punya ragam manfaat baik, termasuk untuk hipertensi. Karena teh ini mengandung antioksidan tinggi. Foto: Getty Images

Teh hijau memang dikenal punya banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Menurut onlymyhealth.co (06/05), teh hijau adalah jenis teh terbaik untuk kesehatan holistik karena sarat akan antioksidan yang mampu memerangi kerusakan akibat radikal bebas.

Teh hijau juga populer akan kemampuannya dalam membantu menurunkan berat badan. Jika ingin mendapatkan manfaat kesehatan termasuk mengontrol hipertensi, boleh coba minum 2 cangkir teh hijau per hari.

Teh hijau akan meningkatkan aliran darah yang berdampak positif terhadap tekanan darah seseorang. Jenis teh ini juga dikaitkan dengan manfaatnya untuk mengurangi peradangan pada jaringan jantung.

2. Teh Oolong

Penuh Khasiat! Minum 5 Teh Ini Bantu Atasi Tekanan Darah TinggiTeh oolong merupakan perpaduan antara teh hijau dan teh hitam. Teh ini juga kaya akan antioskidan yang efektif untuk mengatasi hipertensi. Foto: Getty Images

Jenis teh oolong mungkin tidak asing terdengar. Namun, apakah kamu mengetahui manfaatnya? Teh oolong sebenarnya merupakan kombinasi antara teh hijau dengan teh hitam.

Pada akhirnya, campuran tersebut menjadi populer di dunia, bahkan banyak dijadikan minuman sehari-hari.

Gabungan antara kedua jenis teh yang punya segudang nutrisi itu menjadikan teh oolong sarat dengan antioksidan yang efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa rutin minum 120 ml the oolong sehari dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi hingga 46 persen.

Namun, jika ingin rutin mengonsumsi teh oolong, lebih baik untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Ini perlu dilakukan agar tidak ada potensi risiko kesehatan yang mungkin bisa timbul setelah mengonsumsi teh oolong ini.



Simak Video "Takaran Gula Tambahan yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT