ADVERTISEMENT

5 Minuman Ini Pengaruhi Kadar Gula Darah, Waspadai Konsumsinya

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 01 Nov 2022 06:00 WIB
Kolesterol Tinggi? Coba Konsumsi 5 Minuman Sehat Ini
Foto: Getty Images
Jakarta -

Bukan hanya makanan, tetapi penderita diabetes juga tidak bisa konsumsi sembarang minuman. Untuk itu, penting bagi mereka mengenali minuman yang tepat dan tidak tepat untuk dikonsumsi.

Selain makanan, minuman juga mempengaruhi lonjakan gula darah dalam tubuh. Terlebih, jika minuman yang dikonsumsi mengandung gula yang tinggi. Karenanya, sangat penting bagi para penderita diabetes untuk memilih makanan dan minumannya dengan tepat.

Umumnya, penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang punya indeks glikemik rendah. Ada beberapa minuman yang lebih dianjurkan untuk dikonsumsi untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh sekaligus menghidrasi rendah gula, bahkan bebas gula. Tetapi, ada juga minuman yang sebaiknya dihindari agar tidak terjadi lonjakan gula darah.

Merangkum everydayhealth.com (26/02/2020), berikut 5 pilihan minuman yang lebih baik dipilih dan dihindari oleh penderita diabetes.

1. Air Putih

Ini 7 Waktu Minum Air Putih dan Takaran Tepat Menurut Ahli GiziAir putih menjadi minuman paling aman yang bisa dikonsumsi oleh seseorang. Itu karena, air putih merupakan minuman netral yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes

Tak perlu diragukan lagi, air putih menjadi pilihan minuman yang sehat untuk tubuh. Ini karena air putih tergolong netral. Dalam artian, air tidak menaikkan atau menurunkan gula darah.

Air juga merupakan minuman yang memberikan bantuan hidrasi untuk tubuh. Sembari menghidrasi tubuh, air mampu mengatur gula darah.

Jika ingin gula darah dalam tubuh tetap terjaga, sebaiknya minum air putih yang cukup. Minum delapan gelas air berukuran 230 ml per hari atau setara dengan total 2 liter air.

2. Jangan Minum Soda dan Teh dengan Gula

5 Cara Sehat Bikin Es Teh Buatan Sendiri Lebih EnakMungkin es teh manis dan soda memang menggiurkan, tetaopi minuman dengan gula ini bisa berbahaya hingga mampu meningkatkan risiko diabetes. Foto: Getty Images

Terlalu sering mengonsumsi minuman manis, bisa merusak tubuh dalam berbagai cara. Salah satunya meningkatkan risiko diabetes.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Desember 2016 di The Journal of Nutrition menemukan bahwa orang dewasa paruh baya yang minum lebih dari tiga minuman manis per minggu memiliki risiko 46 persen lebih tinggi terkena prediabetes daripada mereka yang tidak minum minuman manis.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), minuman manis yang mengandung gula, akan diserap ke dalam alirah darah terlalu cepat. Kondisi ini memicu lonjakan kadar gula darah. Minuman manis ini nantinya juga akan mempengaruhi asupan karbohidrat.



Simak Video "61,27% Penduduk RI Konsumsi Minuman Manis Lebih dari 1 Kali per Hari"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT