Ngidam Cokelat atau Gorengan Jadi Sinyal Tubuh Butuh Asupan Nutrisi

ADVERTISEMENT

Ngidam Cokelat atau Gorengan Jadi Sinyal Tubuh Butuh Asupan Nutrisi

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 15 Nov 2022 14:00 WIB
Ngidam Cokelat atau Gorengan Jadi Sinyal Tubuh Butuh Asupan Nutrisi
Foto: Mashed
Jakarta -

Ngidam makanan seringkali diartikan sebagai bentuk yang tidak baik. Ternyata ngidam makanan menjadi pertanda bahwa tubuh perlu asupan nutrisi tertentu.

Ngidam atau ingin makan sesuatu seringkali disalah artikan sebagai hal yang buruk. Banyak orang yang menekan nafsu makannya hanya dengan alasan mengendalikan asupan kalori yang masuk.

Ternyata ngidam makanan disebutkan oleh ahli sebagai salah satu cara tubuh berkomunikasi. Ngidam bukan hanya sembarang keinginan makan yang tak penting.

Ngidam makanan menjadi pertanda bahwa tubuh sedang mengalami kondisi tertentu yang membutuhkan pertolongan dari asupan nutrisi. Melalui penelitian dan pengamatan yang panjang, ahli gizi menyimpulkan bahwa ngidam makanan bukan sesuatu yang harus dihindari. Simak penjelasannya.

Baca juga: Extra Jumbo! Pria Ini Tanam Sayuran dan Buah Raksasa di Kebunnya

Ngidam Cokelat atau Gorengan Jadi Sinyal Tubuh Butuh Asupan NutrisiKeinginan makan suatu tertentu atau dikenal dengan ngidam, ternyata menjadi tanda tubuh sedang berkomunikasi. Foto: Mashed

Mengutip Mashed (13/11) sebanyak hampir 100% wanita muda dan 70% pria akan mengalami ngidam makanan sepanjang tahun. Ngidam makanan ini dikirimkan oleh tubuh untuk tetap menjalankan fungsinya dengan efektif dan menjaga kesehatan.

Pernahkah kamu merasa lapar ketika bangun tidur? Ternyata perasaan lapar ini menjadi sinyal bahwa tubuh sedang kebingungan antara haus atau lapar. Pada momen ini ahli gizi menyarankan untuk setidaknya minum segelas air terlebih dahulu untuk mengatasi dehidrasi.

Selain itu seringkali juga banyak orang yang tiba-tiba menginginkan makanan cepat saji yang tak sehat. Ternyata keinginan makan tersebut menandakan bahwa tubuh sedang mengalami stres yang cukup mengganggu pikiran.

Beberapa ahli gizi juga menyebutkan bahwa keinginan makan sesuatu menandakan tubuh sedang kekurangan vitamin tertentu. Misalnya ketika menginginkan untuk makan cokelat, soda atau makanan dengan cita rasa yang asin.

Ngidam Cokelat atau Gorengan Jadi Sinyal Tubuh Butuh Asupan NutrisiNgidam gorengan dan cokelat ternyata menjadi isyarat bahwa tubuh memerlukan nutrisi tertentu. Foto: Mashed

Ketika ingin makan cokelat ternyata tubuh sedang kekurangan magnesium. Magnesium memiliki peran penting untuk mendukung kerja otot, fungsi saraf dan produksi energi.

Minuman soda yang dinilai buruk ternyata juga mengisyaratkan tubuh membutuhkan mineral tertentu. Tubuh yang menginginkan minum soda memberi tanda sedang mengalami kekurangan kalsium yang penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Tidak hanya karena cita rasa lidah yang menyukai rasa asin, ternyata tanda ini juga memberikan sinyal yang unik. Saat mengalami ngidam makanan asin tandanya tubuh sedang mengalami fluktuasi hormon yang sangat mengganggu mood.

Ahli gizi mengatakan bahwa seluruh perasaan ngidam makanan ini perlu diatasi bukan dihindari. Tetapi tetap dengan cara yang lebih sehat dan mengenali nutrisi apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh.



Simak Video "Masak Masak: Susu Cokelat Hangat dengan Marshmallow"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT