ADVERTISEMENT

Ekstrem! Wanita Ini Ikat Giginya Pakai Kawat Demi Turun Berat Badan

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 15 Nov 2022 06:00 WIB
Ekstrem! Wanita Ini Ikat Giginya Pakai Kawat Demi Turun Berat Badan
Foto: Aviwe Mazosiwe via Oddity Central
Jakarta -

Wanita di Afrika Selatan ini viral karena lakukan hal ekstrem untuk menurunkan berat badan. Memilih metode "slimming wires", ia mengikat giginya pakai kawat agar tak bisa terbuka dan makan!

Mengutip Oddity Central (11/11), Aviwe Mazosiwe jadi perbincangan usai mengunggah konten seputar diet ala dirinya di TikTok. Metode yang ia pilih kontroversial karena bukan sekadar mengatur pola makan.

Aviwe sendiri sangat berusaha menurunkan berat badan agar bisa memenuhi syarat untuk operasi pengecilan payudara. Ia berharap operasi ini dapat meningkatkan kualitas hidupnya.

Aviwe sebenarnya sudah berhasil turun berat badan 12 kilogram (kg) dengan metode diet intermittent fasting, namun jumlah ini masih naik turun. Aviwe akhirnya memilih metode yang lebih cepat dan ekstrem.

Ekstrem! Wanita Ini Ikat Giginya Pakai Kawat Demi Turun Berat BadanAviwe Mazosiwe lakukan metode diet kontroversial dengan mengikat giginya pakai kawat. Foto: Aviwe Mazosiwe via Oddity Central

Pada Juni 2022, ia menggunakan kawat gigi, namun tidak seperti kawat gigi biasa yang tujuannya untuk merapikan gigi. Kawat ini dikaitkan di antara gigi atas dan bawah agar mulutnya tidak bisa terbuka penuh.

Cara ini tak ubahnya mengikat rahang Aviwe agar ia kesulitan makan. Tentu saja tindakannya dapat banyak perhatian dan kritik dari netizen. "Saya dapat banyak komentar negatif, tapi saya tidak bisa mengingatnya semua karena saya berusaha semaksimal mungkin untuk tidak fokus pada hal itu," ujar Aviwe.

Ia juga sadar diri kalau metode dietnya kontroversial, namun Aviwe tetap putuskan untuk membagikan kisahnya di media sosial. Ia merasa perlu melakukannya.

Setelah 7 minggu mengikat giginya, Aviwe merasakan dampaknya. Ia bisa turun sampai 14,3 kg. Aviwe hanya mengandalkan asupan makanan cair seperti smoothies, sup, dan yogurt karena memang mulutnya hanya terbuka sedikit.

Usai melepas kawatnya, Aviwe sesekali memanjakan diri dengan makan makanan favoritnya, burger jalapeno. Hanya saja ia harus menunggu sehari karena otot-otot rahangnya perlu beradaptasi lagi setelah terjebak di posisi yang sama dalam waktu lama.

Ekstrem! Wanita Ini Ikat Giginya Pakai Kawat Demi Turun Berat BadanAviwe hanya mengandalkan asupan makanan cair seperti sup dan yogurt. Foto: Aviwe Mazosiwe via Oddity Central

"Saya mengerti bahwa ini agak ekstrem, tetapi sangat membantu saya saat berjuang dengan disiplin diri dan berpegang teguh pada 'makan bersih' dalam waktu lama," ujar Aviwe Mazosiwe. Ia menambahkan bahwa dirinya memahami metode ini tak bisa dilakukan semua orang.

"Lakukan ini hanya saat Anda siap dan berada dalam kondisi mental terbaik, terutama jika Anda seorang emotional eater," tambahnya.

Mengikat gigi dengan kawat ini mirip dengan metode DentalSlim Diet Control yang pernah viral beberapa tahun lalu. Pelakunya hanya bisa membuka mulut sekitar 2 mm saja sehingga tidak bisa mengunyah makanan sambil bernapas dan bicara.

Lalu mengenai apa yang dilakukan Aviwe, ternyata metode diet kontroversial ini sangat populer di Afrika Selatan. Banyak orang membagikan pengalamannya di YouTube saat mencoba hal ini.



Simak Video "Studi Sebut Diet Rendah Lemak Lebih Efektif Dibandingkan Keto"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT