ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Waspadai 5 Kebiasaan Minum Kopi yang Bikin Cepat Tua

Atiqa Rana - detikFood
Minggu, 13 Nov 2022 06:00 WIB
5 Khasiat Minum Kopi Panas vs Kopi Dingin
Foto: iStock
Jakarta -

Minum kopi di pagi hari telah menjadi rutinitas banyak orang. Namun kebiasaan ini sebaiknya diperhatikan lagi karena berpotensi mempercepat proses penuaan.

Sebelum memulai hari, banyak orang yang memilih minum secangkir kopi. Hal ini tampaknya sudah menjadi kebiasaan yang lumrah. Bahkan menurut studi yang dilakukan tahun 2020 oleh National Coffee Association, 62% orang Amerika minum kopi setiap hari.

Meskipun kopi mendatangkan manfaat seperti membangkitkan energi di pagi hari, namun beberapa kebiasaan minum kopi justru bisa berakibat sebaliknya. Jika salah, justru bisa membuat seseorang alami penuaan lebih cepat.

Untuk mengetahui secara tepat kebiasan buruk minum kopi yang harus dihindari, ada 5 penjelasan yang diungkap oleh Lisa Moskovitz, RD, CEO Nutrition Group.

Merangkum Eat This, Not That! (11/11), inilah 5 kebiasaan minum kopi yang bikin cepat tua:

1. Lebih Pilih Minum Kopi daripada Sarapan

Benarkah Minum Kopi Sebelum Olahraga Lebih Sehat? Ini 5 FaktanyaKopi bukanlah pilihan yang tepat untuk menggantikan sarapan. Lebih baik tetap sarapan dengan beberapa makanan ringan sehat seperti buah-buahan. Foto: Getty Images/FatCamera

Meski beberapa orang tidak terbiasa sarapan, namun menggantikannya dengan secangkir kopi juga bukan pilihan yang tepat.

Menurut Moskovitz, melewatkan sarapan yang dianggap sebagai waktu makan utama ini, dapat menyebabkan pola makan yang kurang bergizi, khususnya yang bertentangan dengan penuaan yang sehat.

Seseorang yang mengganti sarapannya dengan kopi juga bisa menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan yang serius. Sebuah studi menemukan bahwa pola makan di mana partisipan melewatkan sarapan secara teratur dikaitkan dengan penurunan kognitif yang lebih banyak daripada partisipan yang waktu makannya lebih seimbang.

Alih-alih melewatkan sarapan dan menggantikannya ke kopi, Moskovitz lebih merekomendasikan sarapan ringan dengan buah segar, biji-bijian, atau kacang-kacangan yang kaya serat dan antioksidan.

2. Memilih Minum Kopi yang Lebih Ringan dengan Tambahan Gula

Sebagian orang mungkin tidak terbiasa dengan kopi pahit. Sebenarnya racikan kopi juga dibebaskan sesuai selera masing-masing.

Namun mereka yang lebih suka racikan kopinya ditambah dengan krim dan pemanis, harus lebih waspada. Ini karena, bahan-bahan itu dapat mempengaruhi kesehatan, tergantung dari jumlahnya juga.

Moskovitz mengungkap bahwa gula dalam jumlah sedang tidaklah masalah. Tetapi jika sudah berlebihan, itu akan menumpuk dari waktu ke waktu. Seiring dengan bertambahnya usia, gula yang menumpuk itu bisa menyebabkan peningkatan gula darah, peradangan, hingga kondisi kesehatan lainnya.

Mengonsumsi terlalu banyak gula secara teratur juga bisa mempengaruhi kondisi kulit. Hal itu bisa berkontribusi pada penuaan kulit yang lebih cepat salah satunya dapat membentuk AGEs (produk akhir glikasi lanjut) yang nantinya akan merusak tingkat kolagen kulit hingga mengurangi elastisitas kulit.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT