9 Makanan Penggempur Lemak Perut Terbaik yang Disarankan Ahli

ADVERTISEMENT

9 Makanan Penggempur Lemak Perut Terbaik yang Disarankan Ahli

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Rabu, 09 Nov 2022 05:00 WIB
Kebiasaan makan yang bisa hilangkan lemak perut
Foto: iStock
Jakarta -

Menyingkirkan lemak perut bisa melalui konsumsi makanan yang tepat. Ada 9 makanan yang disebut ahli bisa bantu mengatasi lemak perut yang membandel.

Kesembilan makanan yang berkhasiat menyingkirkan lemak perut ini bekerja dengan berbagai cara. Sifatnya melawan inflamasi, meningkatkan metabolisme, dan yang terpenting adalah mematikan gen lemak serta membalikkan kecenderungan tubuh untuk menyimpan lemak.

Makanan peluntur lemak perut ini mengandung zat gizi penting, mulai dari protein, serat, dan lemak sehat. Kombinasi semuanya membantu tubuh meningkatkan metabolisme sekaligus melawan rasa lapar.

Konsumsinya tak hanya bantu singkirkan lemak perut, tapi juga membuat tubuh lebih sehat secara umum. Bonusnya, makanan ini juga enak dan bisa diolah dengan berbagai cara.

Mengutip Eat This, Not That! (2/8), inilah 9 makanan peluntur lemak perut terbaik:

1. Telur

Telur, bahan makanan kaya vitamin B kolin yang penting untuk pembentukan membran sel tubuh. Konsumsi 2 butir telur per hari bisa memenuhi setengah kebutuhan vitamin B harian.

Mencukupi kebutuhan kolin sangat penting karena kekurangannya mempengaruhi gen yang menyebabkan akumulasi lemak perut, terutama bagian hati. Telur bisa diolah menjadi ragam hidangan sesuai selera.

2. Buah warna merah

Stroberi Pakai Keju ParmesanFoto: Rob Lacey/PinPep , iStock

Konsumsi buah sejak lama bagus untuk kesehatan, namun ada buah tertentu yang memiliki sifat terbaik untuk melunturkan lemak perut. Buah tersebut adalah buah warna merah seperti cherry, stroberi, apel, semangka, plum, hingga grapefruit.

3. Minyak zaitun

Menambahkan asupan lemak sehat dalam pola makan sehari-hari tidak bikin gemuk, tapi justru bantu melunturkan lemak perut. Sumber lemak sehat antara lain minyak zaitun, alpukat, dan aneka kacang-kacangan.

Penelitian dalam jurnal Nutrition menemukan partisipan yang makan setengah buah alpukat segar dengan menu makan siang memiliki penurunan keinginan makan setelahnya hingga 40%. Lemak sehat juga mengandung omega 3 dan omega 6 yang terbukti meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi inflamasi.

4. Beras cokelat

Wooden bowl with uncooked brown rice isolated on white background. Top viewFoto: Getty Images/iStockphoto/igoriss

Makanan peluntur lemak terbaik selanjutnya adalah sumber serat sehat. Kamu bisa mengonsumsi beras cokelat, kacang-kacangan, hingga gandum. Mengonsumsi cukup serat bisa memasok energi sekaligus mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Selain itu, konsumsi sumber serat sehat seperti beras cokelat, gandum, dan quinoa juga memasok tubuh dengan magnesium dan kromium. Dua zat gizi mikro itu menekan produksi kortisol, hormon stress yang memicu penyimpanan lemak di perut.

5. Bubuk protein nabati

Populer di kalangan pelaku hidup sehat, bubuk protein nabati bersifat rendah gula dan tinggi serat. Konsumsinya juga bagus untuk menyehatkan sistem pencernaan, sekaligus memberi bahan bakar pada otot tubuh. Kombinasi semua manfaat ini pada akhirnya berkontribusi pada penurunan lemak perut.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Jalan-jalan ke Thailand, Nikmati Kuliner Malam"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT