ADVERTISEMENT

Bye Perut Buncit! Contek 7 Kebiasaan Sarapan dari Pakar Ini

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Jumat, 28 Okt 2022 06:00 WIB
Woman worried about body fat touching her belly
Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem
Jakarta -

Perut buncit bisa diatasi dengan pola makan tepat. Saat sarapan, coba ikuti 9 kebiasaan yang dibeberkan ahli gizi ini. Manfaatnya bisa bikin perut rata!

Sarapan merupakan waktu makan terpenting harian yang punya beragam manfaat. Tubuh dan otak bakal mendapat 'bahan bakar' lewat pola makan pagi ini.

Selain itu, sarapan bisa membuat seseorang terhindar dari perut buncit. Mengutip Eat This, Not That! (24/10), sebuah penelitian mengungkap kebiasaan sarapan berkaitan dengan berat badan dan lemak perut yang lebih sedikit.

Mereka yang sarapan 5 sampai 7 kali per minggu dilaporkan memiliki berat badan yang lebih sedikit. Sementara itu, prevalensi obesitas di kalangan orang yang tidak sarapan lebih tinggi.

Sarapan yang dimaksud tentu saja yang sehat, dengan pilihan menu dan porsi yang tepat. Selain itu, pakar kesehatan membeberkan 7 kebiasaan sarapan yang bantu kamu menyingkirkan perut buncit.

Ini dia 9 kebiasaan sarapan tersebut:

1. Sarapan setelah 30 menit bangun

Setelah 6 sampai 8 jam tidur, kamu bangun dalam keadaan tubuh 'berpuasa'. Karenanya tubuh siap untuk diberi 'bahan bakar' setelahnya.

Menurut Dr. Matt Tanneberg, CSCS selaku chiropractor olahraga, ketika kamu sarapan, maka metabolisme bakal melambat. Tubuh berhenti membakar kalori karena mencoba untuk mempertahankan apa pun yang dibutuhkannya sebisa mungkin.

"Idealnya, kamu harus makan dalam waktu 30 menit setelah bangun untuk mengisi kembali tubuh sehingga dapat berfungsi dengan baik sepanjang hari," kata Tanneberg.

2. Minum air putih segera setelah bangun

Bye Perut Buncit! Contek 7 Kebiasaan Sarapan dari Pakar IniFoto: Getty Images/iStockphoto/samael334

Selain kondisi tubuh 'berpuasa', usai bangun tidur sebenarnya kamu juga dehidrasi. Inilah alasan mengapa penting untuk segera minum air putih setelah bangun.

Minum air putih saat bangun tidur memberi sinyal pada tubuh bahwa sudah waktunya untuk memulai hari, menurut ahli gizi Ilana Muhlstein, MS, RDN. Ia juga bilang kalau ini merupakan kebiasaan terkait nutrisi yang sangat bagus.

Faktanya, minum 2 gelas air sebelum sarapan dan setiap makan berikutnya adalah salah satu praktik yang membantu Muhlstein turun berat badan. "Berpikir 'minum air dulu' membantu kamu membuat keputusan makan yang lebih baik sepanjang hari," saran Muhlstein.

3. Pilih menu sarapan sehat

Sarapan sehat tentu saja berkaitan erat dengan menu yang dipilih. Pastikan mengasup zat-zat gizi makro seperti protein, lemak, dan karbohidrat saat makan di pagi hari.

Tanneberg bilang tak perlu 'memusuhi' karbohidrat karena zat gizi ini adalah sumber energi. Salah satu sumbernya, buah. Lalu kalau mau cari sumber protein yang enak dan praktis untuk sarapan, telur bisa jadi pilihan tepat. Pasalnya telur juga padat nutrisi dan mengandung lemak.

Tanneberg bilang, "Mengombinasikan semua sumber zat gizi makro saat sarapan bantu menyingkirkan lemak perut dan membantu kamu kenyang sepanjang hari."

4. Hindari makanan dan minuman manis

Bye Perut Buncit! Contek 7 Kebiasaan Sarapan dari Pakar IniFoto: Getty Images/iStockphoto/samael334

Jangan tergoda makan dan minum manis saat sarapan. Asupan makanan ini bisa membuat kadar gula melonjak drastis lalu turun dalam waktu singkat. Ahli gizi Trista Best mengingatkan dampak buruknya.

"Kamu bisa merasa kelelahan dan kelaparan karena karbohidrat simpel (seperti dalam makanan dan minuman manis) mengandung sedikit serat dan nutrisi lain sehingga bersifat mudah diserap. Kamu akan cepat merasa lapar setelahnya," kata Best.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT