ADVERTISEMENT

Jangan Diulangi! 5 Kesalahan Masak Ini Bikin Nutrisi Makanan Hilang

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 04 Nov 2022 06:00 WIB
Jangan Diulangi! 5 Kesalahan Masak Ini Bikin Nutrisi Makanan Hilang
Foto: Getty Images
Jakarta -

Cara masak setiap orang memang berbeda, namun tetap harus diperhatikan karena cara yang salah justru menghilangkan nutrisi makanan. Untuk itu, ketahui 5 kesalahan masak ini.

Setiap orang bebas berkreasi pada masakan mereka, asalkan menggunakan bahan-bahan yang baik dan melakukan cara masak yang tidak merugikan. Namun hal tersebut sering dianggap sepele sehingga beberapa dari mereka secara asal memasak makanan tanpa diperhatikan lebih dalam.

Jika memasak dengan cara yang kurang tepat, ini justru akan menghilangkan nutrisi dari masakan tersebut. Ada beberapa kesalahan umum yang diam-diam mengurangi tingkat gizi makanan sehingga bisa merugikan.

Oleh karena itu, ketahui beberapa kesalahan umum memasak agar ke depannya tidak perlu dilakukan lagi. Merangkum Times of India (31/10), berikut 5 kesalahan umum memasak yang perlu dihindari:

1. Makan Makanan yang Sudah Dimasak Setelah Beberapa Jam

Jangan Diulangi! 5 Kesalahan Masak Ini Bikin Nutrisi Makanan HilangJangan memakan makanan yang sudah disimpan terlalu lama diluar. Ini karena nilai gizinya akan hilang. Foto: Getty Images

Beberapa orang sibuk mungkin tidak bisa secara langsung mencicipi masakan mereka. Biasanya, makanan akan disimpan untuk dimakan nanti.

Namun, penyimpanan masakan setelah tiga jam dianggap buruk karena makanan tersebut telah kehilangan tingkat nutrisinya. Tetapi ada pengecualian terhadap beberapa makanan fermentasi seperti kimchi atau yogurt.

Makanan yang difermentasi justru dapat mempertahankan dan meningkatkan nilai gizinya karena bakteri baik yang dihasilkan. Namun berbeda dengan makanan lain yang bisa dengan mudah basi dan dapat berdampak pada kesehatan pencernaan.

2. Hindari Membiarkan Makanan Terbuka

Selesai memasak, makanan akan dihidangkan dalam wadah dan biasanya diletakkan di atas meja makan.

Namun, jangan biarkan makanan tersebut dibiarkan terbuka terlalu lama di meja. Ini karena paparan kelembaban dapat mengurangi nutrisi dan membuat makanan menjadi tempat berkembangnya bakteri dan patogen.

Jika memang sudah selesai makan, atau jika ingin memakan masakan nanti, lebih baik ditutup terlebih dahulu dengan penutup yang bersih.



Simak Video "Masak Masak: Puding Mie Goreng"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT