10 Cara Masak Telur yang Benar Agar Hasil Seenak Buatan Restoran

ADVERTISEMENT

10 Cara Masak Telur yang Benar Agar Hasil Seenak Buatan Restoran

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 25 Okt 2022 11:00 WIB
Cara masak telur
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Salah satu makanan yang praktis adalah telur. Agar masakan berbahan telur lebih enak rasanya, ada beberapa caramasak yang perlu diperhatikan.

Telur merupakan bahan makanan yang mudah ditemui dan menyimpan beragam manfaat sehat. Untuk menikmatinya, telur sangat praktis untuk dimasak. Bisa digoreng, direbus, maupun masakan lainnya.

Dilansir dari Tasting Table (17/10), ada 10 cara memasak telur yang benar dan gampang dipraktekkan. Mulai dari cara menggoreng telur di wajan, memecahkan telur, hingga membuat poacged egg.

Baca Juga: 5 Resep Telur Bulat Berbumbu, Cocok Buat Lauk Bekal atau Makan Siang

Berikut cara memasak telur yang benar agar rasanya lebih enak:

1. Gunakan minyak atau mentega yang cukup

Cara masak telurCara masak telur Foto: Getty Images/iStockphoto

Telur goreng biasanya dimasak menggunakan wajan antilengket maupun wajan biasa. Ketika menggoreng telur dengan dua alat masak ini harus menggunakan minyak atau mentega.

Gunakan minyak atau mentega itu secukupnya agar telur tidak lengket di wajan. Jenis minyak yang baik ditambahkan untuk memasak telur adalah minyak sayur.

2. Cara mengupas telur

Telur rebus ada beberapa tipe tergantung berapa lama proses perebusan. Kalau ingin yang matang sempurna, biasanya memerlukan waktu 12-14 menit perebusan.

Setelah telur matang, jangan langsung dikupas. Kamu bisa mendinginkannya terlebih dahulu atau merendam dalam air dingin. Gunanya untuk mempermudah proses mengupas telur.

3. Cara membuat telur orak-arik

Cara masak telurCara masak telur Foto: Getty Images/iStockphoto

Banyak orang membuat telur orak-arik (scrambled egg) dengan langsung memecahkan telur ke atas wajan. Cara seperti itu tidak akan menghasilkan telur orak-arik yang lembut.

Kamu harus mengocok telur di mangkuk terlebih dahulu. Berikan juga sejumput garam saat mengaduk. Kemudian, tuang ke atas wajan dan aduk menggunakan spatula secara perlahan di atas api kecil.

4. Pecahkan telur di alas datar

Memecahkan telur juga butuh cara yang tepat. Jangan memecahkan telur di tempat yang runcing, karena dapat membuat cangkang telur terkelupas dan tercampur dengan telur.

Pastikan memecahkan telur di alas yang datar. Cara ini juga akan membuat telur terbuka sempurna dan bagian kuningnya masih utuh.

Baca Juga: Sajian Indomie Goreng Persis Kemasannya, Telur Mata Sapi Sempurna Bikin Salfok

5. Basahi jari untuk mengambil cangkang

Saat memecahkan telur, terkadang serpihan cangkang ikut masuk dalam telur. Untuk mengambil serpihan cangkang telur itu, biasanya orang menggunakan sendok atau tangan.

Namun, terkadang sulit karena cangkang tercampur telur yang teksturnya licin. Agar mudah mengambilnya, sebaiknya bahasi jari terlebih dahulu. Lalu gunakan jari untuk mengambil kulit telur.



Simak Video "Masak Masak: Nasi Telur Pontianak Simpel tapi Enak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT