7 Menu Kopi Paling Sehat hingga yang Wajib Dihindari, Mana Favoritmu?

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

7 Menu Kopi Paling Sehat hingga yang Wajib Dihindari, Mana Favoritmu?

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 30 Okt 2022 05:00 WIB
7 Menu Kopi Paling Sehat hingga yang Wajib Dihindari, Mana Favoritmu?
Foto: Getty Images/iStockphoto/Kongphop Petwichai
Jakarta -

Kopi ternyata bisa digolongkan menjadi yang paling sehat hingga yang wajib diperhatikan asupannya. Ahli kesehatan membuat peringkat kopi yang perlu diperhatikan.

Minum kopi dapat memberi khasiat dan manfaat sehat bagi tubuh. Hal ini lantaran biji kopi yang punya banyak kandungan alami selain kafeinnya yang dibangga-banggakan.

Tetapi ketika diolah menjadi segelas minuman yang menyegarkan, beberapa menu kopi juga bisa mengancam kesehatan. Ada kopi yang disebutkan sebagai menu kopi terbaik untuk tubuh dan sebagian lagi yang wajib dihindari untuk dikonsumsi rutin.

Penggolongan ini dilakukan berdasarkan bahan campuran dan berbagai kandungan lain di dalamnya. Agar tak salah pilih pastikan untuk memeriksa daftar peringkat kopi ini.

Berikut peringkat menu kopi tersehat hingga yang perlu diperhatikan konsumsinya:

7 Menu Kopi Paling Sehat hingga yang Wajib Dihindari, Mana Favoritmu?Tanpa pemanis tambahan, americano dan kopi hitam lainnya dinilai sebagai menu kopi yang paling sehat. Foto: Getty Images/iStockphoto/Kongphop Petwichai

1. Americano

Americano dan kopi hitam lainnya seperti espresso maupun long black dinilai sebagai menu kopi paling sehat. Hal ini lantaran menu kopi ini tidak menggunakan bahan tambahan baik pemanis, susu maupun sirup perasa.

Americano, long black dan espresso hanya terbuat dari air dan kopi saja yang banyak disebutkan hanya memiliki nol kalori. Kopi hitam tanpa perasa ini juga seringkali menjadi andalan bagi orang yang menjalankan diet sehat atau ingin menurunkan berat badan.

2. Macchiato

Macchiato merupakan espresso yang disajikan dengan sedikit foam susu di atasnya. Danna Hunnes selaku ahli gizi di Ronald Reagan UCLA Medical Center, menyebutkan tambahan foam susu itu membuat macchiato sedikit lebih tidak sehat dibandingkan espresso murni.

"Karena penggunaan susu yang dibuat menjadi foam di bagian atasnya, membuat macchiato menjadi sedikit tidak sehat dibandingkan espresso. Tetapi hal ini juga masih bergantung pada jenis susu yang digunakan," kata Hunnes.

3. Cappuccino

Ada tiga komponen yang diperlukan untuk membuat segelas cappuccino, yaitu espresso, susu dan foam susu. Hunnes menyebutkan lemak pada susu yang selalu menjadi pertimbangan untuk sebuah menu kopi bisa dikatakan sehat atau tidak.

Cappuccino menggunakan takaran yang sama banyak pada setiap komponen sehingga kadar kesehatan berada di bawah peringkat macchiato. Hunnes menyarankan jika ingin menikmati cappuccino yang lebih sehat sebaiknya mengganti penggunaan susunya dengan susu kedelai.

Peringkat menu kopi lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Jalan-jalan ke Thailand, Nikmati Kuliner Malam"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT