Cegah Diabetes, 7 Tips Mendetoks Gula Ini Gampang Ditiru

ADVERTISEMENT

Cegah Diabetes, 7 Tips Mendetoks Gula Ini Gampang Ditiru

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 29 Okt 2022 06:00 WIB
Kopi campur gula
Foto: Getty Images/iStockphoto/sturti
Jakarta -

Makan terlalu banyak gula dapat menimbulkan banyak gula risiko diabetes akan meningkat. Untuk menekannya lakukan tips ini dan bersihkan gula dari dalam tubuh.

Rasa gula yang manis tidak sebanding dengan efek negatif yang diberikannya kepada tubuh. Konsumsi gula butuh diseimbangkan agar tidak mengganggu kesehatan.

Salah satu efek terbesarnya adalah meningkatkan risiko diabetes yang sangat berbahaya. Ternyata gula yang sudah masuk ke dalam tubuh juga bisa dibersihkan.

Ada beberapa tips yang diungkapkan oleh ahli kesehatan untuk mendetoks gula yang sudah menumpuk terlalu banyak di dalam tubuh. Daftar tips ini perlu disimak dan ditiru di rumah agar tubuh lebih sehat.

Berikut ini 7 tips mendetoks gula dari dalam tubuh menurut Clean Eating Kitchen:

Efek Minum Soda Diet Bisa Terasa dalam 1 Jam, Ini Penjelasan AhliKonsumsi soda dapat menumpuk gula lebih banyak di dalam tubuh. Foto: Getty Images/iStockphoto/champpixs

1. Berhenti minum soda

Salah satu cara utama yang dilakukan untuk membersihkan gula di dalam tubuh adalah berhenti mengonsumsi asupan tinggi gula. Soda menjadi minuman yang paling banyak dikonsumsi dengan kadar gula yang sangat tinggi diantara minuman lain.

Satu botol soda normalnya mengandung 20-48 gram gula bahkan pada soda diet sekalipun. Ahli kesehatan lebih menyarankan untuk memperbanyak minum air putih atau penggantinya bisa mengonsumsi infused water dengan lemon dan timun.

2. Konsumsi lemak sehat

Untuk mencegah asupan gula berlebih, ternyata tubuh disarankan untuk dibuat lebih kenyang. Banyak ahli yang menyarankan meningkatkan asupan makanan berlemak tetapi harus lemak sehat dan bukan lemak jenuh.

Konsumsi makanan yang tinggi lemak dapat menekan rasa ngidam ingin makan makanan yang manis sekaligus membuat perut terasa kenyang lebih lama. Makanan dengan lemak sehat yang dimaksud misalnya seperti alpukat, olahan kelapa tanpa pemanis atau biji-bijian dan kacang-kacangan.

3. Perbanyak makan buah segar

Dibandingkan dengan memilih kue yang manis sebagai hidangan penutup, kamu bisa mulai menggantinya dengan buah-buahan segar. Buah memiliki rasa manis yang alami dan kandungan gulanya lebih sehat untuk diterima tubuh.

Walaupun mengandung gula tetapi serat dan nutrisi yang ada pada buah-buahan dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam darah sehingga kadar gula darah tidak melonjak signifikan. Setidaknya mengonsumsi 1-2 porsi buah-buahan setiap hari direkomendasikan untuk mengganti asupan makanan manis.

Tips mendetoks gula lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Takaran Gula Tambahan yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT