ADVERTISEMENT

Hindari Konsumsi 7 Makanan yang Memperburuk Tekanan Darah Tinggi

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 29 Okt 2022 05:00 WIB
Teh jahe bisa pengaruhi obat hipertensi
Foto: iStockphoto
Jakarta -

Hipertensi bisa berbahaya bagi kesehatan. Penyakit ini rupanya bisa diperburuk oleh asupan makanan tak sehat seperti 7 jenis makanan ini.

Hipertensi adalah kondisi ketika tekanan darah terhadap dinding arteri cukup tinggi sehingga bisa menyebabkan gangguan kesehatan serius. Karena, untuk memompa darah, jantung harus bekerja lebih efisien.

Dengan kondisi tekanan darah yang tinggi itu, maka muncul risiko serangan jantung, stroke, hingga masalah kesehatan lainnya yang cukup sulit ditangani.

Tekanan darah tinggi sebenarnya bisa dicegah dengan mulai melakukan gaya hidup sehat seperti berolahraga dan mengonsumsi pilihan makanan yang tepat. Ada beberapa makanan yang baik untuk mencegah hipertensi, tetapi tak sedikit juga yang justru memperburuknya.

Agar tidak memperburuk kondisi penyakit tekanan darah tinggi, sebaiknya mereka yang alami hipertensi mulai hindari 7 kelompok makanan ini yang dirangkum dari ndtv.com (26/10):

1. Garam

Garam menjadi makanan yang dapat memperburuk kondisi kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak, salah satunya hipertensi.

Saat menyiapkan makanan atau camilan, tak sedikit orang menambahkan garam ke hidangannya tersebut. Ini dilakukan agar ada rasa yang lebih gurih. Tetapi jika dibiasakan, hal tersebut tentu bisa memperburuk keadaan.

Untuk mengelola tekanan darah tinggi, konsumsi garam harus dikontrol secara ketat atau bahkan dihindari sama sekali. Coba lakukan diet garam atau mengganti rasa garam dengan bumbu atau rempah yang lebih sehat.

2. Makanan yang Digoreng

5 Tips Bikin Gorengan Tetap Renyah dan Lebih Sehat, Contek Yuk!Makanan yang digoreng bisa memperburuk keadaan tekanan darah tinggi karena mereka dikemas dengan banyak garam dan lemak jenuh. Foto: Getty Images

Hampir semua orang tahu jika makanan yang digoreng bisa menyebabkan masalah serius pada kesehatan. Ternyata makanan ini juga berpengaruh terhadap kondisi tekanan darah tinggi.

Mereka yang memiliki tekanan darah tinggi harus menjauhi makanan yang digoreng karena makanan itu mengandung banyak garam dan lemak jenuh. Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menikmati makanan yaitu dengan dipanggang, ditumis, atau direbus.

3. Junk Food

Ada Kemasan Burger Antik hingga Pernak-pernik Unik di Museum IniJunk food atau makanan cepat saji seperti burger juga berbahaya untuk penderita hipertensi karena makanan itu mengandung banyak lemak. Foto: Buzzfeed

Junk food atau makanan cepat saji mungkin memang sangat menggiurkan. Terlebih, makanan ini punya rasa enak dan sifatnya praktis. Namun, tentu makanan cepat saji bukanlah pilihan yang baik.

Sebagian besar makanan cepat saji disiapkan, dibekukan, kemudian digoreng dengan minyak yang banyak mengandung lemak. Setelahnya, makanan cepat saji juga sering diberi banyak garam sehingga asupannya harus dihindari.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT