ADVERTISEMENT

Racik Madu dengan Bahan Herbal Ini untuk Atasi Batuk Pilek

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 27 Okt 2022 05:00 WIB
Racik Madu dengan Bahan Herbal Ini untuk Atasi Batuk Pilek
Foto: Getty Images
Jakarta -

Sejak dulu madu dipercaya menyehatkan, termasuk dalam mengatasi batuk dan pilek. Jika tak ingin konsumsi obat kimia, coba rajin minum racikan madu dengan 5 cara ini.

Madu dikenal dengan berbagai khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Di dalamnya terdapat beragam kandungan yang punya sifat antioksidan, antibakteri, dan antimikroba yang mampu melawan beragam virus, termasuk virus yang menyebabkan batuk dan pilek.

Dengan mengonsumsi madu, beberapa gejala sederhana yang datang dari kondisi batuk dan pilek tersebut bisa diatasi dengan baik. Madu juga mampu menenangkan tenggorokan yang sakit atau gatal, serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika mengalami batuk pilek dan ingin mengatasinya dengan 'obat' alami, bisa coba mengonsumsi madu. Madu juga bisa menjadi campuran yang cocok untuk berbagai minuman atau makanan.

Ada beberapa cara dalam menikmati madu untuk mendatangkan manfaat yang lebih baik. Merangkum justbeehoney.co.uk (04/11/2021), berikut 5 racikan madu yang ampuh atasi batuk pilek.

1. Madu dan Kayu Manis

Racik Madu dengan Bahan Herbal Ini untuk Atasi Batuk PilekRacikan madu dan kayu manis dapat melawan infeksi yang menyebabkan flu dan batuk. Foto: Getty Images

Kayu manis adalah rempah terbaik yang bisa dicampur dengan madu. Kayu manis berasal dari spesies pohon dengan genus "Cinnamomum" dan sejak dahulu telah digunakan untuk pengobatan alami.

Campuran madu dengan kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi tinggi yang akan membantu melawan infeksi. Jika selama masa sakit rutin meminum campuran ini, niscaya dapat meredakan flu dan mengobati gejala umum.

Sangat mudah untuk membuat racikannya. Hanya dengan mengaduk satu sendok teh madu dalam air panas, kemudian tambahkan seperempat sendok teh kayu manis.

Kamu juga bisa langsung mencampurkannya tanpa perlu dilarutkan. Hanya dengan menambah sedikit kayu manis ke dalam sesendok madu.

2. Madu dan Lemon

Racik Madu dengan Bahan Herbal Ini untuk Atasi Batuk PilekMadu dan lemon ampuh untuk mengurangi gejala sakit tenggorokan karena menawarkan dorongan vitamin termasuk vitamin C. Foto: Getty Images

Mungkin jika hanya meminum air lemon saja terlalu asam. Alternatif terbaik yaitu dicampur madu. Selain rasanya yang enak, madu dan lemon juga memiliki khasiat yang luar biasa.

Terlebih jika tenggorokan terasa sakit, campuran madu dengan lemon bisa menjadi efektif. Ini juga bisa melawan pilek lebih cepat karena dalam waktu bersamaan, minuman itu menawarkan dorongan vitamin C, D, B6 dan B12.

Hal yang perlu dilakukan yaitu mencampurkan satu sendok makan air lemon ke dalam cangkir besar berisi larutan madu dan air hangat.



Simak Video "Ayam Bakar Madu Viral dan Kisahnya yang Inspiratif"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT