ADVERTISEMENT

Hindari 7 Konsumsi Makanan yang Bikin Flu dan Batuk Makin Parah

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 25 Okt 2022 06:00 WIB
Hindari 7 Konsumsi Makanan yang Bikin Flu dan Batuk Makin Parah
Foto: Getty Images/iStockphoto/Inna Tarasenko
Jakarta -

Flu dan batuk bisa dicegah dengan konsumsi makanan tertentu. Lalu demi menghindari kasusnya semakin parah, hindari juga konsumsi makanan pemicu flu dan batuk.

Belakangan obat sirup untuk penyakit flu dan batuk jadi sorotan. Konsumsinya dikaitkan dengan kasus gagal ginjal akut misterius yang datang dari 4 jenis bahan pelarut.

Banyak orang akhirnya khawatir mengonsumsi obat sirup, sekaligus mencari cara alami untuk atasi penyakit flu dan batuk. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tepat.

Mulai dari air jahe, air lemon hangat, hingga jus nanas disarankan pakar kesehatan untuk meredakan flu dan batuk. Selain itu, sebenarnya kamu juga perlu mengetahui makanan yang bikin flu dan batuk makin parah.

Hindari konsumsinya agar tenggorokan tidak semakin sakit dan intensitas flu berkurang. Mengutip The Healthy (24/10), ini dia 10 makanan yang bikin flu dan batuk makin parah:

1. Makanan manis

Makanan manis memang enak, tapi berdampak buruk untuk kesehatan. Dalam kaitannya dengan flu dan batuk, konsumsi makanan ini bisa mengurangi imunitas tubuh yang berperan penting dalam proses penyembuhan.

Pakar kesehatan Irvin Sulapas menyebut kenaikan kadar gula dalam tubuh akibat konsumsi makanan manis, bisa menghambat kinerja sel pelawan infeksi yaitu sel darah putih. Selain itu, asupan gula meningkatkan risiko inflamasi (peradangan) pada tubuh.

2. Susu dan yogurt

Hindari 7 Konsumsi Makanan yang Bikin Flu dan Batuk Makin ParahFoto: Getty Images/iStockphoto/Inna Tarasenko

Susu, yogurt, dan produk olahan susu (dairy) lainnya juga disebut Food NDTV dapat memperparah flu dan batuk. Konsumsi makanan ini disebut bisa meningkatkan produksi lendir dan pilek yang tentu saja bakal mengganggu.

Namun pakar kesehatan juga tidak menyarankan untuk absen konsumsi makanan ini sama sekali karena susu dan yogurt tinggi vitamin D, sumber protein, hingga sumber probiotik yang baik. Pastikan saja mengonsumsinya tidak berlebihan.

3. Makanan cepat saji

Saat sedang tak enak badan akibat flu dan batuk, seseorang mungkin 'mencari pelarian' dengan konsumsi makanan cepat saji yang berlemak. Rasanya yang gurih nikmat dianggap bisa meningkatkan nafsu makan, tapi sebaiknya hindari makanan ini.

Dr Sulapas sebut efeknya bisa meningkatkan peradangan dalam tubuh. "Ketika Anda sakit dan tubuh Anda memberi tahu untuk tidak makan burger berlemak, maka percayalah itu bukan ide yang baik," katanya.

4. Kopi

Hindari 7 Konsumsi Makanan yang Bikin Flu dan Batuk Makin ParahFoto: Getty Images/iStockphoto/Inna Tarasenko

Minuman tinggi kafein seperti kopi, teh, dan softdrink bersifat diuretik. Artinya kamu bakal lebih sering buang air kecil hingga berujung dehidrasi. Kondisi ini sangat tidak disarankan ketika sedang sakit.

Kopi dan minuman tinggi kafein lainnya juga dapat menyebabkan lendir lebih kental, memperparah pilek dan batuk, serta membuat sistem kekebalan tubuh melemah. Sebisa mungkin hindari konsumsi minuman berkafein saat sedang flu dan batuk.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "Sensasi Sajian Kelapa Muda yang Dibakar"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT