5 Wedang Khas Jawa untuk Pereda Batuk dan Penambah Stamina

ADVERTISEMENT

5 Wedang Khas Jawa untuk Pereda Batuk dan Penambah Stamina

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 23 Okt 2022 12:34 WIB
Wedang Uwuh, traditional herb drink from Jogjakarta, Indonesia. Contains a variety of leaves: cinnamon, nutmeg and cloves leaves. Another ingredient is wood from the secang tree, ginger and lump sugar
Foto: iStock
Jakarta -

Racikan minuman hangat atau wedang khas Jawa dikenal berkhasiat. Ada yang bisa mengobati batuk hingga menambah stamina agar tubuh tetap bugar.

Minuman hangat disebut wedang dalam bahasa Jawa. Racikannya berasal dari aneka rempah yang memiliki manfaat untuk mengobati beberapa penyakit secara alami.

Rempah-rempah yang biasa digunakan berupa jahe, serai, kapulaga, hingga cengkeh. Ada yang disebut wedang jahe, wedang uwuh, wedang secang, dan lainnya. Wedang-wedang ini memiliki manfaat masing-masing, seperti meredakan batuk, mengobati masuk angin, hingga menambah stamina.

Baca Juga: Cara Menyeduh Kopi Pengaruhi Kolesterol pada Pria dan Wanita

Berikut 5 wedang khas Jawa yang dapt dikonsumsi sebagai obat herbal:

1. Wedang Jahe

Wedang jaheWedang jahe Foto: iStock

Wedang jahe adalah jenis minuman yang paing populer di Jawa. Minuman ini biasa dikonsumsi saat cuaca dingin. Wedang ini juga banyak ditawarkan oleh pedagang angkringan.

Terbuat dari jahe putih atau jahe merah yang dimemarkan, lalu direbus sampai mendidih. Sebelum direbus, jahe juga bisa dibakar terlebih dahulu. Setelah wedang jahe siap, lalu disajikan di gelas atau cangkir.

Wedang jahe ini bisa mengobati batuk secara alami. Karena, jahe mengandung zat anti-inflamasi dan antitusif yang efektik menyembuhkan batuk. Wedang jahe ini sebaiknya dikonsumsi tanpa tambahan gula. Kalau ingin ada sensasi manis, bisa ditambah sedikit madu.

2. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh, traditional herb drink from Jogjakarta, Indonesia. Contains a variety of leaves: cinnamon, nutmeg and cloves leaves. Another ingredient is wood from the secang tree, ginger and lump sugarWedang Uwuh, traditional herb drink from Jogjakarta, Indonesia. Contains a variety of leaves: cinnamon, nutmeg and cloves leaves. Another ingredient is wood from the secang tree, ginger and lump sugar Foto: iStock

Wedang khas Jawa lainnya yang memiliki manfaat kesehatan adalah wedang uwuh. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti 'minuman' dan uwuh adalah 'sampah'. Disebut minuman sampah karena bekas perebusan rempah dan dedaunan terlihat berantakan seperti sampah.

Wedang uwuh juga menggunakan jahe sebagai bahan yang dapat menghangatkan tubuh. Selain itu, campurannya berupa kayu secang, cengkeh, pala, serai, kapulaga, dan kayu manis. Minuman hangat ini memiliki warna merah cantik yang berasal dari kayu secang, biasanya juga ditambahkan pemanis menggunakan gula batu.

Minuman yang dapat memberikan sensasi hangat pada tubuh ini bisa mengobati beragam masalah kesehatan. Seperti batuk, masuk angin, perut kembung, dan lainnya.

Baca Juga: Legendaris dari Blitar! Ini Nikmatnya Soto Bok Ireng Sejak 1940



Simak Video "Bikin Laper: Jalan-jalan ke Thailand, Nikmati Kuliner Malam"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT