Cara Menyeduh Kopi Pengaruhi Kolesterol pada Pria dan Wanita

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Cara Menyeduh Kopi Pengaruhi Kolesterol pada Pria dan Wanita

Atiqa Rana - detikFood
Minggu, 23 Okt 2022 05:00 WIB
Cara Menyeduh Kopi Pengaruhi Kolesterol pada Pria dan Wanita
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Minum espresso dan kopi saring (filter coffee) memberikan efek berbeda pada pria dan wanita. Hal ini terkait efeknya terhadap kolesterol dalam tubuh. Begini kata peneliti.

Espresso dan filter coffee adalah 2 cara menyeduh kopi. Bedanya, espresso diproses lebih cepat karena menggunakan bantuan mesin. Prinsip mesin itu adalah menggunakan tekanan dan suhu tinggi untuk mengekstrak bubuk kopi.

Hasilnya, espresso terasa pekat dan kental. Jenis kopi ini bisa dinikmati langsung atau dijadikan bahan dasar minuman kopi populer seperti cappuccino, Americano, dan latte.

Sedangkan filter coffee, memiliki waktu penyeduhan lebih lama karena kopi dibiarkan menetes secara alami. Hasil kopi yang disaring secara manual ini juga tidak sepekat dan sekental espresso.

Cirinya adalah kopi terasa lebih ringan di mulut, lebih bersih, dan tidak terlalu pahit. Metode menyiapkan kopi seperti ini banyak dipilih pencinta kopi single origin.

Dua jenis penyeduhan kopi ini rupanya mempengaruhi kadar kolesterol pada pria dan wanita dengan cara berbeda. Mengutip News 24 (23/05), penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Open Heart mengungkap minum espresso bisa menaikkan kadar kolesterol secara signifikan lebih besar pada pria ketimbang wanita.

Sebaliknya, wanita yang minum filter coffee memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi dibanding pria. Berbagai faktor juga disebut mempengaruhi hasil ini. Karenanya penelitian lebih lanjut dibutuhkan.

Penelitian ini berdasarkan data dari lebih 21.000 orang berusia di atas 40 tahun di Tromsø, Norwegia. Untuk diketahui, Norwegia menempati urutan kedua negara pengonsumsi kopi terbesar di dunia.

Peneliti mengembangkan panduan komprehensif untuk melihat hubungan antara berbagai jenis konsumsi kopi dan kolesterol serum, yang mewakili jumlah kolesterol dalam darah individu.

Partisipan penelitian ditanya mengenai berapa banyak cangkir kopi yang mereka minum setiap hari, serta dalam bentuk apa mereka minum (disaring; plunger; espresso dari mesin kopi, pod, mocha pot, dan instan).

Dalam penelitian ini, partisipan wanita diketahui minum rata-rata di bawah 4 cangkir kopi per hari, sementara pria rata-rata mengonsumsi 5 cangkir.

Hasilnya, partisipan yang minum 3-5 cangkir espresso setiap hari lebih mungkin memiliki kadar kolesterol darah yang lebih tinggi, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum espresso. Pada pria, kadar kolesterolnya lebih tinggi dibanding wanita.

Bahan alami kopi yang memicu kolesterol

Cara Menyeduh Kopi Pengaruhi Kolesterol pada Pria dan WanitaPenyeduhan kopi yang berbeda bisa mempengaruhi kadar kolesterol yang juga berbeda pada pria dan wanita. Foto: Getty Images/iStockphoto

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa ada bahan alami dalam kopi yang menyebabkan kadar kolesterol lebih tinggi dalam darah.

Kondisi tersebut berhubungan dengan masalah jantung, termasuk stroke. Bahan alami yang dimaksud itu adalah diterpen, cafestol, dan kahweol.



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Kopi Toraja Secara Tradisional"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT