5 Tips Minum Kopi yang Aman Agar Tak Picu Asam Lambung

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

5 Tips Minum Kopi yang Aman Agar Tak Picu Asam Lambung

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 22 Okt 2022 07:00 WIB
5 Tips Minum Kopi yang Aman Agar Tak Picu Asam Lambung
Foto: Getty Images/iStockphoto/Oliver Guhr
Jakarta -

Minum kopi identik dengan meningkatnya asam lambung terutama bagi penderita maag dan GERD. Agar tetap terkendali, lima tips ini bisa diterapkan.

Dipercaya sebagai minuman penambah energi, kopi juga memiliki efek negatif bagi mereka yang sensitif dengan kafein. Kandungan kafein pada kopi dapat merelaksasi otot perut sehingga asam lambung lebih mudah masuk ke dalam saluran esofagus.

Akibat asam lambung yang meningkat ini hasilnya akan terasa sensasi seperti dada terbakar dan ulu hati terasa sangat perih. Tetapi menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli, meningkatkan asam lambung tidak hanya disebabkan oleh minum kopi saja.

Penelitian-penelitian yang telah dilakukan belum cukup kuat untuk menyimpulkan bahwa kopi memiliki kaitan kuat dan sebagai penyebab utama dari meningkatnya asam lambung. Tetapi untuk mencegah efek buruknya ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Berikut ini 5 tips untuk minum kopi tanpa memicu asam lambung menurut Drink Golden Ratio:

5 Tips Minum Kopi yang Aman Agar Tak Picu Asam LambungAgar lebih aman pada lambung, ahli gizi menyebutkan memilih kopi dengan kadar keasaman yang lebih rendah kan jauh lebih aman. Foto: Getty Images/iStockphoto/Oliver Guhr

1. Pilih kopi yang kadar asamnya rendah

Kopi tidak hanya memiliki rasa pahit saja. Di dalam kopi terdapat juga kadar keasaman yang berbeda-beda tergantung dengan jenis biji kopi yang digunakan untuk penyeduhan. Kadar keasaman ini menjadi salah satu pemicu meningkatnya asam lambung.

Ketika asam lambung meningkat maka akan timbul sensasi yang membuat tidak nyaman hingga gangguan pada pencernaan. Biasanya kadar keasaman pada kopi ini akan sangat berpengaruh pada mereka yang sensitif terhadap makanan atau minuman.

Ahli gizi menyarankan untuk memilih kopi yang lebih rendah kadar keasamannya bagi mereka yang memiliki pencernaan sensitif. Kopi dengan kadar keasaman yang lebih rendah akan terasa lebih lembut, lebih tidak pahit hingga lebih aman untuk saluran pencernaan.

2. Kurangi perisa tambahan

Selain dari kandungan kafeinnya, kopi yang berdampak buruk pada asam lambung juga bisa disebabkan oleh bahan pelengkap di dalamnya. Banyak orang yang lebih senang menambahkan krim atau pemanis ke dalam kopinya.

Pemanis ini diungkapkan oleh ahli dapat menyebabkan perut menjadi lebih kembung dan efek inflamasi pada tubuh secara umum. Hal ini lantaran pemanis yang dikonsumsi butuh dicerna lebih lama sehingga perut akan memproduksi asam lambung yang lebih banyak.

Ahli gizi lebih menyarankan untuk mengonsumsi kopi secara murni tanpa pemanis apapun. Selain itu jika kamu penikmat kopi susu, menambahkan susu plant-based seperti oatmilk atau susu kedai juga jauh lebih disarankan.

Tips minum kopi tanpa memicu asam lambung lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Sensasi Menjajal Malatang, Makanan Asal China dengan Rempah Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT