11 Makanan Penurun Kolesterol, Murah dan Gampang Didapat

ADVERTISEMENT

11 Makanan Penurun Kolesterol, Murah dan Gampang Didapat

Tim detikfood - detikFood
Sabtu, 15 Okt 2022 05:00 WIB
5 Manfaat Makan Bawang Putih Setiap Hari, Jaga Stamina dan Bikin Langsing
Foto: Getty Images/iStockphoto/Anetlanda
Jakarta -

Orang dengan kadar kolesterol tinggi perlu mengatur pola makannya. Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol.

Makanan penurun kolesterol bisa berupa makanan dengan kandungan low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat yang rendah. Namun bisa juga makanan yang punya kandungan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik yang lebih tinggi.

Melansir Healthline, kadar kolesterol yang ideal menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (The Centers for Disease Control and Prevention/CDC) adalah LDL: kurang dari 100 mg/dL,HDL: 40 mg/dL atau lebih tinggi, Trigliserida: kurang dari 150 mg/dL dan Kolesterol total: kurang dari 200 mg/dL

LDL dianggap tinggi jika berada di kisaran 130-159 mg/dL dan sangat tinggi di atas 160 mg/dL. Sementara HDL dianggap buruk jika berada di bawah 40 mg/dL.

Sedangkan batas tinggi kolesterol berkisar 200-239 mg/dL dan sangat tinggi jika di atas 240 mg/dL. Kadar kolesterol ini bisa diketahui dengan melakukan tes darah.

Kecuali menelan obat penurun kolesterol, kamu bisa menurunkan kadar kolesterol darah dengan konsumsi makanan yang punya kandungan nutrisi baik.

Dilansir dari CNN Indonesia (14/10), berikut 11 makanan penurun kolesterol yang bisa kamu konsumsi rutin:

Manfaat AlpukatKandungan lemak yang sehat pada alpukat baik untuk menurunkan kolesterol. Foto: iStock

1. Alpukat

Mengutip Healthline, sejumlah studi klinis menyatakan bahwa mengonsumsi alpukat efektif mengurangi kolesterol jahat alias LDL dalam tubuh. Sebaliknya, kolesterol baik atau HDL justru meningkat.

Hal ini karena alpukat kaya nutrisi, serat, dan lemak tak jenuh. Kamu bisa mengonsumsi buah ini secara langsung maupun menjadikannya jus penurun kolesterol.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung serat, mineral, dan protein yang baik untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan, bisa menurunkan kolesterol jahat atau LDL.

Selain itu, kacang-kacangan juga punya kandungan kalsium, magnesium, dan potasium yang bisa mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan, mulai dari almond, walnut, kenari, sampai kacang polong untuk bantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Oat

Makanan penurun kolesterol berikutnya adalah oat karena mengandung beta-glukan, sejenis serat larut. Kandungan ini bisa menurunkan kolesterol jahat.

Selain oat, kamu juga bisa mengonsumsi produk gandum yang masih satu keluarga dengan oat, seperti biji-bijian dan barley.

Tak hanya menurunkan kolesterol, biji-bijian bisa menurunkan risiko penyakit jantung yang rentan muncul ketika kadar kolesterol meningkat di dalam tubuh.



Simak Video "Cegah Haus saat Puasa, Konsumsi Makanan Ini saat Sahur dan Berbuka"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT