Jangan Lagi Dipercaya! Ini 5 Mitos Soal Diet Seimbang

ADVERTISEMENT

Jangan Lagi Dipercaya! Ini 5 Mitos Soal Diet Seimbang

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 13 Okt 2022 07:00 WIB
Diet seimbang
Foto: Getty Images
Jakarta -

Banyak orang melakukan diet seimbang tetapi masih percaya dengan mitos tertentu. Kenali 5 mitos diet yang keliru berikut.

Banyak orang menjalani diet bergizi seimbang (balanced diet) karena disebut efektif menurunkan berat badan dan membuat tubuh lebih sehat.

Fokus dalam diet seimbang ini adalah mengonsumsi makanan dengan kandungan protein, vitamin, mineral, lemak baik, dan karbohidrat dalam jumlah cukup. Tetapi, jika diet itu dilakukan secara cuma-cuma tetap saja tidak akan berdampak positif bagi tubuh.

Karena, beberapa orang melakukan diet seimbang tetapi masih percaya dengan beberapa mitos. Mitos itu seperti menghindari makan buah berlebih, mengonsumsi karbohidrat, hingga melahap makanan tanpa kalori.

Namun sebenarnya, menurut ahli gizi Nicky Sagar, mitos tersebut tidak perlu dipercaya lagi. Karena ada aspek tertentu yang justru bermanfaat bagi tubuh.

Merangkum indianaexpress.com (10/10), berikut 5 mitos diet seimbang yang tidak perlu dipercaya lagi:

1. Buah-buahan adalah Sumber Gula

Diet seimbangBuah-buahan memang mengandung jenis gula alami berupa fruktosa. Tetapi gula tersebut juga penting bagi tubuh. Foto: Getty Images

Mereka yang mengikuti diet seimbang terkadang akan menyingkirkan buah-buahan dalam menu makan mereka. Ini karena anggapan buah tinggi gula sehingga menyebabkan penambahan berat badan.

Buah-buahan memang mengandung jenis gula alami berupa fruktosa. Tetapi gula tersebut juga penting bagi tubuh. Buah-buahan juga mengandung mineral, vitamin, dan serat yang sangat bermanfaat bagi pencernaan dan metabolisme tubuh.

Sehingga, ahli gizi Sagar mengungkap bahwa mengonsumsi buah dapat membantu mengurangi dan menjaga berat badan.

2. Menghindari Asupan Karbohidrat

Diet seimbangKenyataannya, Sagar mengungkap bahwa karbohidrat penting bagi tubuh untuk menjadi sumber energi sehingga bisa lebih produktif. Foto: Getty Images

Banyak orang yang menghindari karbohidrat karena berpikir zat gizi ini bisa menambah berat badan dan merupakan makanan tidak sehat. Kenyataannya, Sagar mengungkap bahwa karbohidrat penting bagi tubuh untuk menjadi sumber energi sehingga bisa lebih produktif.

Karbohidrat dapat diambil dari beberapa makanan seperti buah-buahan dan sayuran yang sarat dengan vitamin dan mineral. Hindari karbohidrat yang diproses seperti kue kering atau roti. Karbohidrat menjadi penting karena diet tanpa karbohidrat justru berbahaya bagi kesehatan seseorang.



Simak Video "Inspirasi Menu Diet Sehat yang Tak Bikin Bosan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT