5 Tips Bikin Gorengan Tetap Renyah dan Lebih Sehat, Contek Yuk!

ADVERTISEMENT

5 Tips Bikin Gorengan Tetap Renyah dan Lebih Sehat, Contek Yuk!

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 07 Okt 2022 08:00 WIB
5 Tips Bikin Gorengan Tetap Renyah dan Lebih Sehat, Contek Yuk!
Foto: Getty Images
Jakarta -

Terlalu banyak konsumsi makanan yang digoreng atau gorengan tak baik untuk kesehatan, namun ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat gorengan lebih sehat. Contek yuk!

Gorengan adalah camilan yang digandrungi banyak orang. Makanan ini dikenal punya rasa yang lebih enak dibandingkan makanan yang direbus.

Tetapi beberapa penelitian membuktikan bahwa konsumsi makanan yang digoreng berdampak buruk bagi kesehatan. Karenanya banyak orang kini mulai mengurangi asupan makanan yang digoreng.

Sebagian orang mungkin bisa dengan mudah menghindari makanan gorengan, tetapi tidak dengan sebagian lainnya yang cukup sulit untuk menghindar dari keinginan melahap makanan ini.

Sebagai solusi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat gorengan jauh lebih sehat. Tetapi tetap, sebisa mungkin menghindari konsumsi gorengan secara rutin.

Merangkum food.ndtv.com (04/10), berikut 5 tips yang bisa dilakukan untuk membuat gorengan lebih sehat:

1. Ganti Minyak Goreng ke Minyak Lebih Sehat

5 Tips Bikin Gorengan Tetap Renyah dan Lebih Sehat, Contek Yuk!Solusi terbaik yaitu dengan mengganti minyak ke yang lebih sehat seperti minyak zaitun yang cocok untuk menggoreng. Ini karena, minyak zaitun lebih stabil pada suhu tinggi daripada jenis minyak sehat lainnya. Foto: Getty Images

Biasanya makanan yang digoreng membutuhkan banyak minyak agar hasilnya bisa renyah. Tetapi, minyak goreng yang umum digunakan tinggi asam lemak tak jenuh.

Minyak goreng itu juga biasanya melalui proses pemurnian yang menyebabkan minyak memiliki petrokimia berbahaya.

Solusi terbaik yaitu dengan mengganti minyak ke yang lebih sehat seperti minyak zaitun yang cocok untuk menggoreng. Ini karena, minyak zaitun lebih stabil pada suhu tinggi daripada jenis minyak sehat lainnya.

2. Jaga Minyak Agar Tetap Bersih

Jika sudah selesai menggoreng sesuatu, banyak orang akan menggunakan minyak itu secara berulang. Tetapi minyak yang sudah sering dipakai itu menjadi alasan yang lebih berbahaya bagi tubuh.

Selain itu, minyak tersebut memiliki kotoran yang akan membuat makanan lebih mudah gosong. Dengan menggunakan minyak yang dipakai berulang kali, kemungkinan makanan juga akan kehilangan nutrisinya.

Untuk itu, pastikan untuk mengecek kondisi minyak yang bersih dan segar. Jangan terlalu sering menggunakan minyak yang sama agar tidak menimbulkan dampak lebih berbahaya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT