5 Makanan Ini Bisa Atasi Rasa Lapar dengan Cepat

ADVERTISEMENT

5 Makanan Ini Bisa Atasi Rasa Lapar dengan Cepat

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 06 Okt 2022 06:00 WIB
Makanan atasi lapar
Foto: Getty Images
Jakarta -

Meskipun perut sudah terisi, rasa lapar masih sering muncul tanpa sebab yang jelas. Untuk mengatasi rasa lapar tersebut, cobalah konsumsi 5 makanan ini.

Beberapa orang mungkin sering mengalami rasa lapar tanpa sebab. Rasa lapar tersebut bahkan bukan disebabkan karena keadaan perut yang kosong.

Rasa lapar dapat juga dikaitkan dengan rutinitas sehari-hari. Timbulnya rasa lapar ini pun merupakan cara tubuh untuk mengomunikasikan bahwa mereka kekurangan nutrisi.

Sudah makan sekalipun, perut tetap bisa terasa sakit dan lapar yang mungkin disebabkan karena makanan yang telah dimakan tidak mengandung cukup nutrisi.

Untuk menghindari kondisi seperti ini, penting untuk memilih makanan hingga camilan yang tepat agar perut tetap kenyang. Berikut adalah 5 makanan dan camilan yang bisa mengatasi rasa lapar, dirangkum dari healthshots.com (01/10).

1. Telur

Ahli gizi bagikan tips diet milenal dengan makan telurMenurut sebuah penelitian, makan telur saat sarapan setiap hari dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama sehingga mereka akan mengonsumsi lebih sedikit kalori di jam makan selanjutnya. Foto: Getty Images

Banyak pelaku diet yang mengonsumsi telur setiap harinya karena telur memiliki kalori rendah dan bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Menurut sebuah penelitian, makan telur saat sarapan setiap hari dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama sehingga mereka akan mengonsumsi lebih sedikit kalori di jam makan selanjutnya.

Penelitian ini menunjukkan peserta yang diberi makan siang prasmanan tanpa batas tetapi ia sudah sarapan telur. Hasilnya, peserta dengan kondisi tersebut akan mengasup lebih sedikit kalori daripada mereka yang sarapan dengan makanan kaya karbohidrat.

Temuan ini juga mengonfirmasi penelitian sebelumnya yang menunjukkan pelaku diet yang makan telur untuk sarapan, akan kehilangan 65 % lebih banyak berat badan dan lebih berenergi daripada mereka yang makan sarapan karbohidrat.

Untuk itu, jika kamu ingin merasa kenyang lebih lama, cobalah untuk mulai memasukkan telur dalam menu sarapan. Jenis telur yang biasa dikonsumsi oleh pelaku diet adalah telur rebus.

2. Ayam

Protein ternyata juga bisa membuat perut kenyang lebih lama. Dengan mengonsumsi banyak protein akan mengurangi kadar hormon rasa lapar, dan mendorong orang untuk makan lebih sedikit porsi di waktu berikutnya.

Salah satu protein yang baik dikonsumsi adalah daging ayam. Penelitian singkat yang dilakukan oleh 20 orang obesitas menunjukkan, mereka yang mengonsumsi makanan diet tinggi protein akan merasa lebih puas dan punya kadar hormon lapar lebih rendah dibandingkan mereka yang makan rendah protein.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT