5 Buah Segar yang Cocok Dikonsumsi Penderita Darah Tinggi

Riska Fitria - detikFood
Senin, 06 Jun 2022 05:00 WIB
Buah segar untuk mengatasi darah tinggi
Foto: iStock
Jakarta -

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa dipengaruhi karena pola makan. Beberapa buah ini bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah.

Hipertensi adalah tekanan darah tinggi jika tekanan darah lebih dari darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg.

Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi kesehatan yang bisa membahayakan nyawa jika dibiarkan saja.

Mulai dari penyakit jantung, stroke hingga sejumlah komplikasi kesehatan. Hipertensi dalam disebabkan karena beberapa faktor, seperti stres dan gaya hidup yang tak sehat.

Mengonsumsi buah-buahan yang kaya kalium bisa jadi salah satu makanan untuk menurunkan tekanan darah. Selain kalium, ada juga nutrisi lainnya seperti kalsium hingga magnesium.

Dikutip The Daily Star, berikut 5 buah yang cocok dikonsumsi penderita darah tinggi:

1. Pisang

Manfaat PisangPisang juga dikemas dengan kalium dan magnesium yang membantu menurunkan tekanan darah secara signifikan Foto: Getty Images

Pisang jadi salah satu buah yang baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi. Buah yang satu ini merupakan sumber energi yang sangat kuat.

Selain itu, pisang juga dikemas dengan kalium dan magnesium yang membantu menurunkan tekanan darah secara signifikan. Kalium itu juga berperan untuk menyeimbangkan jumlah garam di tubuh.

Baca Juga: 7 Pola Makan untuk Kendalikan Tekanan Darah Tinggi Selama Puasa

2. Jambu Biji

Kalium juga ditemukan dalam kandungan jambu biji. Kalium tersebut berperan untuk meningkatkan keteraturan denyut nadi dan mengaktifkan kontraksi otot.

Jambu biji juga dapat membantu mengatur air dan elektrolit dalam tubuh kamu. Rutin konsumsi jambu biji akan memperlancar pengiriman zat-zat gizi ke sel tubuh.