Hati-hati! 5 Makanan Sehat Ini Bisa Tingkatkan Kadar Gula Darah

ADVERTISEMENT

Hati-hati! 5 Makanan Sehat Ini Bisa Tingkatkan Kadar Gula Darah

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 04 Okt 2022 06:00 WIB
tips nutrisi untuk kontrol gula darah
Foto: Getty Images
Jakarta -

Makanan sehat sekalipun bisa memicu peningkatan gula darah bagi penderita diabetes. Agar tidak berefek buruk, hindarilah konsumsi 5 makanan sehat ini.

Diabetes tipe 2 disebabkan karena tubuh tidak memiliki kemampuan untuk memproduksi insulin, hormon yang dibuat oleh pankreas. Sementara, peran utama insulin yaitu untuk mengatur kadar gula darah. Diabetes tipe 2 juga ditandai dengan melonjaknya kadar gula darah dalam tubuh.

Jika dibiarkan, lonjakan kadar gula darah itu bisa berbahaya, Bisa menyebabkan kompilasi hingga memperburuk kesehatan secara keseluruhan.

Ketika seseorang menderita diabetes, salah satu cara menyembuhkannya dengan menghindari beberapa makanan tertentu. Makanan yang dihindari bukan hanya makanan yang dianggap kurang sehat seperti fast food, atau minuman manis. Karena makanan sehat sekalipun Bisa meningkatkan kadar gula darah.

Untuk menghindari hal buruk ini, Natalu Komova, RD, selaku ahli kebugaran di JustCBD, telah mengingatkan untuk menghindari beberapa makanan sehat. Merangkum express.co.uk (15/09), berikut 5 makanan sehat yang harus dihindari penderita diabetes agar gula darah tidak naik.

1. Pisang

5 Cara Menyimpan Pisang Agar Awet dan Segar hingga 7 Hari.Meskipun ada banyak manfaat yang bisa didapat, tetapi pisang bukanlah salah satu pilihan tepat bagi penderita diabetes tipe 2. Foto: Getty Images

Pisang kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Komova sendiri mengungkap bahwa pisang adalah buah sehat banyak nutrisi yang mendukung kesehatan secara keseluruhan. Karena pisang mengandung serat yang tinggi, potasium, hingga vitamin B6.

Meskipun ada banyak manfaat yang bisa didapat, tetapi pisang bukanlah salah satu pilihan tepat bagi penderita diabetes tipe 2.

Beberapa jenis pisang juga mengandung gula tinggi yang mampu berdampak negatif pada indeks glikemik. "Makan pisang dalam jumlah banyak dapat meningkatkan lonjakan kadar glukosa darah, terutama pada seseorang yang sensitif terhadap karbohidrat," tambah Komova.

Namun tetap saja, pisang dianggap jauh lebih baik dibandingkan sepotong kue.

2. Ubi Jalar

Konsumsi ubi jalar Tak dianjurkan pada penderita diabetes tipe 2. Ahli diet Komova menjelaskan, kandungan karbohidrat pati yang tinggi dalam ubi jalar dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Terutama jika ubi jalar dikonsumsi secara berlebihan.

Meskipun ubi jalar punya kandungan serat tinggi, vitamin A, vitamin K, Kalsium, hingga magnesium, tetapi jika terlalu banyak bisa mempengaruhi kadar gula darah.

Cobalah untuk membatasi konsumsi ubi jalar dalam porsi kecil. Pastikan juga untuk memasukkan makanan sehat lainnya dalam menu makan sehari-hari.



Simak Video "61,27% Penduduk RI Konsumsi Minuman Manis Lebih dari 1 Kali per Hari"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT