5 Tips Makan Ini Bisa Membantu Kendalikan Kadar Gula Darah

ADVERTISEMENT

5 Tips Makan Ini Bisa Membantu Kendalikan Kadar Gula Darah

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 30 Sep 2022 08:00 WIB
tips nutrisi untuk kontrol gula darah
Foto: Getty Images
Jakarta -

Lonjakan gula darah terjadi ketika glukosa telah menumpuk pada aliran darah. Jika ingin menjaga kadar gula darah, coba lakukan 5 pola makan sehat ini.

Ketika ada gula sederhana, glukosa, yang mulai menumpuk pada aliran darah, ini biasanya akan menyebabkan lonjakan gula darah. Bagi para penderita diabetes, hal tersebut terjadi karena tubuh mereka tidak mampu menggunakan glukosa.

Karenanya, penting bagi penderita diabetes untuk membuat kadar gula darah menjadi terkendali. Hal ini juga dilakukan untuk mencegah timbulnya kompilasi kesehatan lainnya, yang membuat risiko penyakit lebih berbahaya lagi.

Untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah, bukan hanya aktivitas fisik, tetapi nutrisi juga perlu diperhatikan. Gaya hidup sehat adalah kunci untuk menjaga kadar glukosa agar tetap seimbang.

Berikut adalah 5 tips nutrisi terbaik yang bisa membantu mengelola kadar gula darah, dirangkum dari healthshots.com (19/09).

1. Hindari Makanan Pemicu Kadar Gula Darah

Beberapa makanan mungkin bisa membantu meningkatkan kadar gula darah agar stabil. Tetapi sebagian lainnya tidak.

Untuk mengontrol kadar gula darah dan insulinnya, penting untuk melakukan diet seimbang dengan menghindari makanan yang kaya akan gula, karbohidrat sederhana, dan lemak jenuh berlebihan.

Hindari konsumsi makanan yang memiliki kandungan tersebut, dan menggantinya ke makanan yang lebih sehat.

Ada beberapa buah-buahan yang menjadi pilihan tepat untuk mengontrol kadar gula darah seperti apel, pir, tomat, kelapa, hingga alpukat.

2. Tambahkan Asupan Protein

tips nutrisi untuk kontrol gula darahMakanan mengandung protein dapat membantu mengurangi kenaikan kadar gula darah dan menjaganya agar tetap stabil dalam jangka waktu lama. Foto: Getty Images

Jumlah karbohidrat yang dimakan dapat membuat perbedaan terhadap kadar gula darah. Jika terjadi lonjakan gula darah yang disebabkan oleh karbohidrat tersebut, kamu bisa mencoba menguranginya dengan memiliki makanan yang mengandung protein.

Makanan mengandung protein dapat membantu mengurangi kenaikan kadar gula darah dan menjaganya agar tetap stabil dalam jangka waktu lama.

Hal yang bisa dilakukan yaitu dengan memperhatikan menu makanan. Dalam satu porsi makanan, cobalah untuk menyeimbangkan porsi karbohidrat dengan lemak sehat, protein dan sayuran.



Simak Video "61,27% Penduduk RI Konsumsi Minuman Manis Lebih dari 1 Kali per Hari"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT