Gulanya Hampir Setara Soda, Batasi Konsumsi 5 Minuman Ini

ADVERTISEMENT

Gulanya Hampir Setara Soda, Batasi Konsumsi 5 Minuman Ini

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 29 Sep 2022 05:00 WIB
Gulanya Hampir Setara Soda, Batasi Konsumsi 5 Minuman Ini
Foto: Getty Images
Jakarta -

Banyak orang menghindari minuman soda karena kandungan gula tinggi. Namun, tanpa disadari minuman lain yang sering kita minum juga ada yang mengandung gula setara minuman soda.

Banyak pelaku hidup sehat kini menghindari konsumsi minuman bersoda karena kandungan gulanya terlalu tinggi. Tanpa disadari, beberapa makanan manis seperti kue, biskuit, ataupun minuman yang sering kita minum juga mengandung jumlah gula yang hampir sama dengan minuman soda itu.

Gula yang terkandung dalam makanan dan minuman tersebut merupakan jenis fruktosa. Jika dikonsumsi berlebihan, maka akan memicu risiko penyakit berbahaya seperti penyakit resisten insulin yang bisa menyebabkan diabetes mellitus, penumpukan lemak jahat, meningkatkan fungsi kerja hati, hingga lipogenesis.

Karenanya, penting bagi kita untuk membatasi asupan gula harian. Selain itu, sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu kandungan gula dan lemak yang ada pada makanan atau minuman manis. Jika memang dirasa terlalu berlebihan, bisa dihindari.

Merangkum health.com (2/10/2017), berikut 5 minuman yang ternyata punya kandungan gula setara minuman bersoda:

1. Jus Buah

Jus buah kerap dicap sebagai minuman 100% sehat, namun gulanya sebenarnya tergolong tinggi. Hal ini didapat pada jus buah yang dibeli di gerai maupun jus buah kemasan.

Ahli gizi Ilyse Schapiro selaku penulis Should I Scoop Out My Bagel juga tidak pernah merekomendasikan jus, bahkan jus buah 100%. Banyak orang juga meyakini bahwa kandungan nutrisi dalam buah yang sudah diblender akan hilang. Lebih baik untuk memakan buah utuh yang mengandung banyak serat, dibandingkan minum jusnya.

2. Teh Manis

Gulanya Hampir Setara Soda, Batasi Konsumsi 5 Minuman IniTerlepas dari hal itu, teh manis mengandung banyak gula yang bisa menghilangkan manfaat sehatnya. Foto: Getty Images

Teh manis merupakan minuman favorit orang Indonesia. Tampaknya suguhan teh manis sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia yang pergi bertamu.

Terlepas dari hal itu, teh manis mengandung banyak gula yang bisa menghilangkan manfaat sehatnya. Meskipun teh seperti teh hitam dikaitkan dengan sifat antioksidan dan menawarkan manfaat melindungi jantung, tetapi tidak dengan teh yang ditambah gula. Bahkan, beberapa merek atau teh manis yang dijual bisa mengandung lebih dari 30 gram gula.

Pilihan terbaik adalah teh tanpa pemanis. Jika memang teh biasa dirasa terlalu pahit, Schapiro menyarankan untuk menambah rasanya dengan perasan lemon atau jeruk.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT