5 Cara Ampuh Redam Keinginan Makan Manis

ADVERTISEMENT

5 Cara Ampuh Redam Keinginan Makan Manis

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 28 Sep 2022 07:00 WIB
5 Cara Ampuh Redam Keinginan Makan Manis
Foto: Getty Images
Jakarta -

Banyak orang suka makanan manis, tetapi kebiasaan ini harus dikurangi karena bisa membahayakan. Coba 5 cara ini untuk mengurangi keinginan konsumsi makan manis.

Setiap orang punya selera makan masing-masing. Ada yang lebih suka makan makanan manis, tetapi sebagian laginya mungkin lebih suka makanan asin.

Namun, bagi mereka yang suka makanan manis, pastinya sulit untuk menghindari keinginan tersebut. Setiap selesai makan berat, kerap muncul hasrat mengonsumsi sesuatu yang manis sebagai pencuci mulut. Tetapi keinginan tersebut tidak bisa selalu dituruti.

Karena makanan manis bisa membahayakan kesehatan, apalagi jika dikonsumsi berlebihan. Penting bagi kita untuk mencatat alasan di balik keinginan makan gula itu.

Biasanya, hal ini terjadi karena tubuh tidak mendapatkan cukup kalori sehingga beralih ke makanan manis yang akan memberikan energi lebih cepat. Tidak mendapatkan cukup protein, terlalu banyak makan asin, hingga tidak minum cukup air juga menjadi alasan seseorang ingin makan manis.

Selain menyeimbangkan asupan nutrisi pada tubuh, Anisha V Ranjan, selaku ahli gizi juga menyarankan beberapa tips yang bisa melawan keinginan makan manis. Berikut tips nya yang dirangkum dari pinkvilla.com (05/09).

1. Tanya Diri Sendiri Apakah Benar-benar Ingin Makan Manis?

5 Cara Ampuh Redam Keinginan Makan ManisSalah satu faktor ngidam makanan manis adalah dehidrasi. Karena kekurangan cairan dapat mempengaruhi glikogen dalam tubuh. Foto: Getty Images

Perlu diketahui, kebiasaan makan manis bisa dipicu faktor lain selain karena benar-benar menginginkannya. Karenanya penting untuk bertanya pada diri sendiri, apakah ngidam makanan manis karena benar-benar ingin memakannya?

Salah satu faktor ngidam makanan manis adalah dehidrasi. Karena kekurangan cairan dapat mempengaruhi glikogen dalam tubuh. Sedangkan tubuh membutuhkan gula untuk energi.

Sebelum terlanjur menyantap makanan manis, sebaiknya dipastikan dulu apakah kamu memang benar ingin gula atau hanya perlu minum lebih banyak air.

2. Konsumi Buah-Buahan

5 Cara Ampuh Redam Keinginan Makan ManisBukan hanya mengontrol keinginan makan makanan manis, tetapi buah-buahan juga mengemas banyak nutrisi yang penting bagi tubuh. Foto: Getty Images

Jika kamu suka makanan manis, cobalah untuk menguranginya dan beralih ke makanan dengan gula alami yang lebih sehat. Buah-buahan menjadi pilihan yang tepat karena tentu lebih sehat dan mengandung lemak sehat yang akan membantu mengendalikan hasrat ingin makan gula.

Bukan hanya mengontrol keinginan makan makanan manis, tetapi buah-buahan juga mengemas banyak nutrisi yang penting bagi tubuh.

Lain kali jika memang merasa ingin menyantap makanan manis, cobalah pilih untuk makan buah-buahan yang tinggi gula seperti anggur, mangga, dan beberapa buah lain yang punya komponen nutrisi.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT