ADVERTISEMENT

Mudah Ditiru, Ini 7 Cara Menyimpan Gula Agar Semut Minggir!

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 24 Sep 2022 06:00 WIB
Mudah Ditiru, Ini 7 Cara Menyimpan Gula Agar Semut Minggir!
Foto: Getty Images/iStockphoto/RHJ
Jakarta -

Menyimpan makanan manis seperti gula riskan diganggu oleh semut. Perlu trik tertentu untuk membuat semut minggir dari wadah gula di dapur. Intip caranya!

Menjaga kebersihan dapur tidak semudah yang bisa dibayangkan. Hewan-hewan kecil seperti semut menjadi musuh terbesar yang membutuhkan triknya sendiri untuk diatasi.

Terutama ketika menyimpan bahan makanan yang manis seperti gula pasir. Walaupun sudah disimpan pada wadah tertutup rapat, tetap saja semut-semut masih bisa masuk ke dalamnya.

Ternyata ada cara yang bisa dilakukan untuk melawan serangan semut di dapur pada gula. Beberapa cara ini sangat mudah untuk ditiru di rumah. Intip yuk!

Berikut ini 7 cara menyimpan gula pasir agar tak didatangi semut, dilansir dari beberapa sumber:

Mudah Ditiru, Ini 7 Cara Menyimpan Gula Agar Semut Minggir!Aroma rempah yang menyengat membuat semut langsung kabur. Foto: Getty Images/iStockphoto/RHJ

1. Memanfaatkan rempah

Semut tidak menyukai bau rempah-rempah yang harum menyengat. Ada empat kombinasi rempah yang cocok digunakan untuk mengusir semut agar tak mengganggu wadah gula.

Keempat rempah ini adalah kapulaga, cengkeh, bunga lawang dan kayu manis. Caranya cukup masukkan keempat rempah kering ke dalam wadah gula. Untuk sementara jangan tutup wadah terlalu rapat hingga semut-semut di dalamnya keluar semua.

2. Menggunakan bumbu dapur

Selain rempah-rempah yang disebutkan sebelumnya, ada bumbu dapur yang lebih sederhana untuk membantu mengusir semut. Daun salam kering, cabai kering atau bawang putih bisa dimanfaatkan untuk menghalau semut masuk ke dalam wadah gula.

Memasukkan beberapa bumbu dapur tersebut dapat membuat semut merasa tidak nyaman pada wadah gula pasir. Pastikan untuk tidak menutup wadah terlalu rapat hingga semut kabur tanpa ada yang tersisa.

3. Rendam wadah dalam air

Jika tak ingin menggunakan bumbu dapur, ada cara lain yang bisa dilakukan. Pertama-tama siapkan wadah yang berukuran lebih besar dari stoples gula dan isi 1/4 air ke dalamnya.

Kemudian masukkan stoples gula ke dalam wadah yang berisi air tanpa ditutup terlebih dahulu. Seorang netizen bernama Zura Yusoff sudah membuktikan keampuhan cara yang satu ini.

Cara menyimpan gula anti semut lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Takaran Gula Tambahan yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT